gtrees.net

Menkes RI Temui Elon Musk Bahas Pembangunan Akses Internet untuk Puskesmas

Menkes RI bertemu Elon Musk berbicara soal kemungkinan kerjasama untuk bangun fasilitas internet di puskesmas terpencil.
Menkes RI bertemu dengan Elon Musk. (Foto: Kementerian Kesehatan RI)

Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bertemu dengan Elon Musk untuk membicarakan perihal kemungkinan kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan Starlink. Starlink merupakan perusahaan jaringan satelit milik Elon Musk.

Salah satu bentuk kerjasama yang dilakukan adalah untuk menyediakan akses internet di Puskesmas yang terletak di daerah tertinggal. Menkes Budi mengatakan bahwa ia berharap nantinya infrastruktur di Puskesmas seluruh Indonesia bisa lebih memadai dan merata.

"Ini merupakan upaya kami untuk memastikan layanan kesehatan yang setara dan merata di tanah air. Puskesmas sebagai garda terdepan untuk menciptakan masyarakat yang sehat harus dipastikan infrastrukturnya memadai," kata Menkes Budi dari keterangan pers.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tercatat saat ini masih ada sekitar 2.200 Puskesmas dengan 11.100 Puskesmas Pembantu yang belum memiliki akses internet. Peningkatan akses internet ini diharapkan dapat membuka akses pelayanan yang lebih baik pada masyarakat.

Selain itu komunikasi antar daerah juga akan lebih mudah sehingga pelaporan soal fasilitas pelayanan kesehatan bisa dilakukan secara langsung atau real time. Aktivitas ini juga mendukung agenda digitalisasi transformasi kesehatan di Indonesia.

ADVERTISEMENT

Pada saat ini beberapa negara yang menggunakan starlink untuk fasilitas kesehatannya antara lain Rwanda, Mozambik, Filipina, dan Nigeria.

"Dengan adanya akses internet, konsultasi layanan kesehatan dapat dilakukan secara online. Peningkatan kemampuan tenaga kesehatan lewat pelatihan jarak jauh juga bisa dilakukan," pungkasnya.



Simak Video "Menkes Berharap Starlink Bisa Perbaiki Kualitas Layanan Puskesmas"
[Gambas:Video 20detik]
(avk/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat