gtrees.net

Viral Cairan Infus Dijadikan Toner Wajah, Memangnya Ngaruh? Ini Kata Dermatolog

Young woman doing her beauty routine
Foto: Getty Images

Jakarta -

Viral di media sosial unggahan seorang pengguna TikTok yang menggunakan cairan infus untuk dijadikan toner wajah. Cairan infus juga disebut-sebut bisa mengurangi peradangan jerawat.

"Orang gila mana beli infus buat dijadiin toner wajah," tulis unggahan tersebut.

Menanggapi, spesialis dermatologi dr Listya Paramita SpDVE, FINSDV, menanggapi penggunaan cairan infus atau NaCl tidak ada gunanya untuk mengatasi masalah kulit, termasuk mengurangi peradangan jerawat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Cairan infus untuk mengompres dan membersihkan luka. Namun, kandungan cairan infus tidak akan bisa mengangkat kotoran atau mengatasi berbagai masalah kulit di wajah.

"Tidak ada gunanya ya," tegas dr Mita kepada , Kamis (11/7/2024).

"Cairan NaCl itu adalah normal saline. Nggak ada efek apapun ke kulit. Dingin ya dingin doang tapi apa bedanya sama air? Dingin juga. efek untuk mengobati jerawat tidak ada," sambungnya.

dr Mita juga mengatakan tidak semua yang viral di media sosial harus diikuti, terlebih jika tak ada evidence based atau bukti ilmiah dan disebarkan oleh bukan pakarnya. Unggahan viral juga bisa jadi tidak menampilkan keseluruhan rangkaian perawatan wajah, hanya menunjukkan sesuatu yang dianggap aneh agar mendapat sorotan.

"Kalau kita melihat yang viral, jangan ditelan mentah-mentah juga. Karena mungkin pada saat dia menggunakan NaCl, dia ada pengobatan lain yang tidak ditunjukkan ke kamera. Dia mungkin hanya konten aja," pesan dr Mita.



Catat! Ini 4 Penyebab Munculnya Jerawat

Catat! Ini 4 Penyebab Munculnya Jerawat


(kna/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat