gtrees.net

Cara Pakai Sunscreen untuk Perlindungan Lebih Maksimal saat Cuaca Panas

Mirror reflection of woman with skincare cream, spa lotion or dermatology ointment for melasma or acne treatment. Bathroom facial routine, healthcare and face of girl apply cosmetics beauty product
Ilustrasi cara menggunakan sunscreen. (Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages)

Daftar Isi
  • Cara Menggunakan Sunscreen untuk Perlindungan Maksimal
  • 1. Gunakan sunscreen dalam jumlah yang cukup 2. Gunakan sunscreen pada seluruh bagian tubuh yang terbuka 3. Jangan lupa mengoleskan kembali sunscreen
Jakarta -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau pada Maret 2024. Hal ini tentunya akan memicu peningkatan suhu dan cuaca panas yang dapat mengganggu aktivitas.

Meski BMKG memprediksikan musim kemarau tahun ini tidak sepanas tahun 2023 yang mencapai 35 hingga 38 derajat celcius, masyarakat tetap perlu melindungi diri dari sengatan sinar matahari yang berlebihan. Pasalnya, paparan sinar matahari dalam waktu lama dapat memicu gangguan kesehatan, seperti iritasi kulit, munculnya tanda penuaan, hingga risiko kanker kulit.

Salah satu cara untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari adalah dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan. Namun, cara menggunakan sunscreen ternyata tidak bisa sembarangan loh. Ada tata cara yang disarankan agar proteksi yang diperoleh bisa lebih maksimal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Spesialis kulit dan kelamin dr Ruri Diah Pamela, SpKK, mengungkapkan ada beberapa langkah penting dalam menggunakan sunscreen. Misalnya, mengoleskan sunscreen 15-30 menit sebelum terpapar sinar matahari agar dapat lebih meresap ke dalam kulit.

Selain itu, dr Ruri juga menekankan pentingnya memilih sunscreen dengan kadar SPF yang sesuai dengan jenis kulit, dan mampu melindungi dari paparan sinar UVA dan UVB.

ADVERTISEMENT

Cara Menggunakan Sunscreen untuk Perlindungan Maksimal

Sementara itu, American Academy of Dermatology Association mengungkapkan pemakaian sunscreen yang sembarangan tidak akan efektif melindungi dari paparan sinar matahari. Berikut cara menggunakan sunscreen untuk perlindungan yang lebih maksimal:

1. Gunakan sunscreen dalam jumlah yang cukup

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 28 gram sunscreen untuk bisa melindungi seluruh permukaan kulitnya.

2. Gunakan sunscreen pada seluruh bagian tubuh yang terbuka

Aplikasikan sunscreen di seluruh permukaan kulit yang tidak tertutup pakaian, termasuk leher, wajah, telinga, serta kaki. Untuk area yang sulit dijangkau, seperti punggung, mintalah bantuan kepada orang lain untuk mengoleskan. Untuk melindungi area bibir, gunakan lip balm yang setidaknya memiliki SPF 30.

3. Jangan lupa mengoleskan kembali sunscreen

Efektivitas sunscreen akan semakin berkurang seiring dengan paparan sinar matahari. Karena itu, jangan lupa mengoleskan kembali sunscreen setidak setiap dua jam. Segera pula oleskan sunscreen setelah berenang atau melakukan aktivitas yang memicu keluarnya keringat.



Cuaca Panas Pengaruhi Kesuburan Pria dan Wanita? Ini Kata Dokter

Cuaca Panas Pengaruhi Kesuburan Pria dan Wanita? Ini Kata Dokter


(ath/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat