gtrees.net

Pengakuan Pria Jalani Cangkok Ginjal dalam Kondisi Sadar, Ini yang Dirasakan

Ilustrasi dokter melakukan operasi
Foto ilustrasi: Getty Images/shapecharge

Jakarta -

John Nicholas merupakan pasien yang mengalami gagal ginjal. Untuk bisa sembuh, pria di Chicago itu menerima sumbangan ginjal dari teman masa kecilnya dan harus menjalani transplantasi.

Berbeda dengan prosedur biasanya, pria 28 tahun itu menjalani transplantasi ginjal dalam keadaan sadar pada 24 Mei 2024. Seperti apa rasanya?

"Ini merupakan pengalaman yang sangat keren untuk mengetahui apa yang terjadi secara langsung, dan menyadari usaha yang mereka lakukan. Ini adalah pengalaman yang sangat menarik," beber Nicholas yang dikutip dari People.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pada satu titik selama operasi, saya ingat bertanya 'haruskah saya mengharapkan anestesi tulang belakang bekerja?' Sungguh, tidak ada sensasi apapun," sambungnya.

Operasi tersebut dilakukan di Pusat Transplantasi Komprehensif Pengobatan Northwestern, dalam waktu kurang dari dua jam. Obat penenang yang diterima Nicholas serupa dengan jenis yang digunakan untuk operasi caesar.

Selama prosedur berjalan, Nicholas tahu pasti apa yang sedang dilakukan tim dokter. Mereka memanggil namanya dan memberitahu sudah sejauh mana tindakan itu dilakukan.

Sejauh ini, akar penyebab masalah ginjal yang dialami Nicholas tidak pernah ditemukan. Namun, dia didiagnosis mengidap penyakit Crohn saat remaja.

"Ini benar-benar membuka pintu baru dan merupakan alat lain dalam rangkaian peralatan kami untuk bidang transplantasi," kata Nicholas.

"Merupakan pengalaman yang luar biasa bisa menunjukkan kepala pasien seperti apa ginjal baru mereka, sebelum dimasukkan ke dalam tubuh," pungkasnya.



Pakar Yakin Transplantasi Ginjal Babi akan Maju, Penelitain Diperlukan

Pakar Yakin Transplantasi Ginjal Babi akan Maju, Penelitain Diperlukan


(sao/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat