gtrees.net

Limpa Raksasa Berbobot 8,5 Kg Diangkat dari Tubuh Pria India

limpa
Ilustrasi. (Foto: ilustrasi/thinkstock)

Jakarta -

Para dokter di Rumah Sakit Wockhardt India berhasil melakukan operasi pengangkatan limpa raksasa seberat 8,5 kilogram dari perut seorang pasien pria bernama Rajkumar Tiwari (37). Prosedur tersebut berhasil mengakhiri 'penderitaan' pasien selama 17 tahun lamanya.

Kata juru bicara rumah sakit, operasi tersebut memecahkan rekor dunia sebelumnya dengan berat 2,3 kilogram.

Ahli bedah Dr Imran Shaikh yang terlibat dalam operasi tersebut mengatakan bahwa proses operasi berjalan selama enam jam. Kondisi pasien pada saat ini berangsur pulih setelah operasi yang dilakukan berjalan lancar tanpa menghasilkan komplikasi pada pasien.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rajkumar akhirnya dipulangkan oleh dokter lima hari pasca operasi.

Dr Imran menjelaskan pasien tersebut mengidap kondisi splenomegali masif dan hipersplenisme melalui splenektomi sejak usia 18 tahun. Rajkumar mengalami gejala seperti perut sesak, nyeri, dan kelelahan yang akhirnya membuat ia sulit beraktivitas normal.

ADVERTISEMENT

"Splenomegali masif disertai hipersplenisme adalah kelainan yang jarang terjadi, dan karena ukuran limpa yang sangat besar serta fungsinya yang berlebihan, hal ini menimbulkan risiko bagi pasien," kata Dr Imran dikutip dari NDTV, Sabtu (8/6/2024).

Karena kadar hemoglobin yang sangat rendah, Rajkumar mengalami kelemahan parah, sejumlah sel darah putih rendah, dan mekanisme pertahanan yang rapuh membuatnya rentan terhadap infeksi. Dr Imran juga menambahkan jumlah trombosit yang rendah memiliki risiko perdarahan spontan.

Kejadian itu pertama kali dialami Rajkumar 17 tahun lalu. Ia harus menghentikan berbagai aktivitasnya karena mengalami rasa sakit pada perut bagian kiri atas. Meskipun sudah sempat ke beberapa dokter, kondisinya tidak kunjung membaik.

Selama bertahun-tahun, limpanya terus membesar. Kesehatan Rajkumar juga semakin memburuk karena penyumbatan limpa akibat kurangnya ruang di perut dan usus. Situasi tersebut membuatnya mengalami gejala muntah-muntah dan masalah lainnya.

Kondisi Rajkumar sangat lemah, berkulit pucat, hingga kesulitan berjalan. Ketika ia dibawa ke RS Wockhardt, ia didiagnosis mengidap splenomegali.

Limpa yang membesar sebenarnya merupakan hal yang umum yang menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah dan sel darah putih yang sehat dalam aliran darah seseorang. Kondisi ini dapat menyebabkan infeksi pada seseorang.

Namun, ketika limpa tumbuh terlalu besar dengan panjang 20 cm dan berbobot 1000 gram, hal ini dikenal sebagai splenomegali masif.

"Setelah 17 tahun berjuang, beban berat telah terangkat dari tubuh saya. Rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terus-menerus menghalangi saya menjalani kehidupan normal kini telah berlalu berkat Dr Shaikh dan timnya," ucap Rajkumar.

Seseorang dapat hidup tanpa organ limpa atau kondisi ini juga bisa disebut asplenia. Ketika orang hidup tanpa limpa, maka fungsi limpa akan digantikan oleh hati. Walaupun masih dapat hidup, pasien umumnya akan lebih rentan terhadap penyakit atau infeksi.



Simak Video "Cara Ketahui Sabun Muka Cocok atau Tidak"
[Gambas:Video 20detik]
(avk/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat