gtrees.net

Mengeluh Sakit Perut, Ternyata Ada Tumor Seberat 17 Kg Menempel di Ginjal

Medical Team Performing Surgical Operation in Modern Operating Room
Ilustrasi operasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff)

Jakarta -

Dokter di Rumah Sakit Maharaja Yeshwantrao di India berhasil melakukan operasi pengangkatan tumor seberat 17,4 kg pada seorang pasien pria. Pasien berusia 60 tahun tersebut sebelumnya memiliki tumor bersifat kanker yang terhubung ke ginjal kanan, vena cava inferior, dan aortanya.

Tim medis yang terdiri dari 10 dokter memerlukan waktu hingga tiga jam untuk melakukan prosedur operasi sulit tersebut. Operasi memang perlu segera dilakukan karena penundaan dapat membahayakan organ vital lain dari sang pasien.

"Tumornya menempel ginjal kanan, vena cava inferior, dan aorta. Oleh karena itu, tim harus sangat berhati-hati saat melakukan operasi. Kesalahan sekecil apapun bisa berakibat fatal," kata Marwah dikutip dari Mirror, Kamis (9/5/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dr Rijul Marwah yang termasuk tim dokter bedah menuturkan bahwa pasien tersebut pertama kali datang dengan keluhan sakit perut dan bengkak di perut. Setelah dilakukan pemeriksaan, dokter terkejut menemukan tumor dalam tubuh pria tersebut dan segera melakukan perencanaan tindakan.

Tumor yang dimiliki pasien itu sangat besar hingga menyulitkan beraktivitas. Pasien tersebut kesulitan untuk makan, hingga berjalan. Tumor tersebut menutupi banyak saraf dan dokter harus menangani situasi ini dengan hati-hati.

ADVERTISEMENT

"Saat menghilangkan benjolan ini, merupakan tantangan besar untuk melindungi saraf yang berhubungan dengan ginjal dan sumsum tulang belakang. Tumor telah menutupi beberapa saraf," ujar Marwah.

Setelah operasi dilakukan, pasien pria tersebut dilakukan observasi selama beberapa hari. Kini pasien sudah dipulangkan oleh pihak rumah sakit.

"Itu adalah tumor besar dan berat yang berhubungan dengan organ vital pasien termasuk ginjal, IVC, dan aorta. Saat ini pasien sudah sehat dan akan dipulangkan setelah observasi beberapa hari," tambahnya.

Ahli bedah senior Dr Sudarshan Odiya mengatakan bahwa kejadian tersebut sangatlah langka. Prosedur pengangkatan tumor seberat itu menjadi tantangan besar untuk dokter agar pasien tersebut bisa diselamatkan.

"Kami terkejut melihat tumor yang begitu besar di tubuh pasien dan memutuskan untuk segera menjalani operasi," ungkap Odiya dikutip dari FreePressJournal.



Simak Video "Jabatan Baru Raja Charles di Bidang Penelitian Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(avk/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat