gtrees.net

Cerita Pria AS yang Kena Sindrom 'Wajah Iblis', Ini yang Dirasakan

Penyakit langka sindrom wajah iblis
Foto: Dartmouth College The Lancet

Jakarta -

Penyakit aneh dialami oleh seorang pria di Amerika Serikat. Pasalnya, dia melihat wajah semua orang seperti setan.

Victor Sharrah (59) selalu memiliki penglihatan yang tajam. Namun pada suatu hari di bulan November 2020, dia tiba-tiba menyadari bahwa wajah orang-orang di sekitarnya tampak seperti setan. Telinga, hidung, dan mulut mereka terentang ke belakang, dan terdapat lekukan dalam di dahi, pipi, dan dagu mereka.

"Sehari-hari seperti menatap setan. Bayangkan ketika terbangun di suatu pagi dan tiba-tiba semua orang di dunia terlihat seperti makhluk di film horor," kata Sharrah kepada CNN.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia mencoba menjelaskan situasi yang dialaminya kepada teman sekamarnya. Seperti yang diduga, rekannya menganggapnya gila.

"Saya lalu keluar dan semua wajah orang yang saya lihat terdistorsi dan masih tetap seperti itu," ucapnya.

ADVERTISEMENT

Seseorang yang dia kenal mengatakan dia mungkin mengidap prosopometamorphopsia, atau PMO. Gangguan persepsi neurologis yang sangat langka ini menyebabkan wajah tampak terdistorsi dalam bentuk, ukuran, tekstur, atau warna.

Sharrah merasa gejalanya mirip dan dia didiagnosis secara resmi tahun lalu.

Dia hanya melihat distorsi wajah saat melihat langsung ke seseorang, bukan saat melihat foto atau layar komputer. Hal ini memungkinkan para ahli dapat membuat gambaran fotorealistik tentang apa yang dilihat olehnya.

"Saya membantu membuat gambar 2D yang dihasilkan komputer dari apa yang saya lihat di wajah, tapi yang saya rasakan lebih dari itu," ungkapnya.

"Yang tidak dipahami orang-orang adalah wajah yang terdistrosi itu bergerak, berubah bentuk dan berbicara denganmu. Itu agak menjauhkan saya dari orang lain," sambungnya.

Orang dengan PMO sering kali mengalami sedikit kesulitan dalam mengenali wajah orang yang dicintai atau wajah yang dikenalnya. Beberapa orang dengan PMO melihat wajah mereka sendiri terdistorsi atau bahkan rusak.

Penyakit ini sangat jarang terjadi. Dilaporkan hanya ada 81 kasus PMO yang tercatat dalam literatur medis, tetapi kemungkinan ada lebih banyak orang yang mengalami kondisi tersebut.



Simak Video "Epidermolisis Bullosa, Kelainan Kulit Langka Pada Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat