gtrees.net

Niat Kurus Pakai Obat Diabetes, Ibu 2 Anak Nyaris Tewas gegara Gula Darah Drop

Mid adult diabetic woman checking glucose level at home during pandemic crisis.
Foto: Getty Images/BakiBG

Jakarta -

Seorang ibu dua anak menceritakan kisahnya nyaris meninggal setelah menyuntikkan dirinya dengan obat diabetes berharap turun berat badan. Obat diabetes yang dia anggap mampu mengurangi lemak di tubuhnya ternyata hanya berisi insulin yang membuat kadar gula darahnya turun drastis.

Michelle Sword (45) dari Oxfordshire, Inggris ini pingsan dan mengalami kejang di rumahnya ketika gula darahnya turun ke tingkat yang sangat rendah setelah dia menggunakan obat diabetes untuk menurunkan berat badan yang dia beli sendiri.

Sebelumnya dia memang sudah pernah mengunjungi dokter yang merespkannya dengan Ozempic agar bisa turun berat badan di tahun 2020. Ozempic adalah obat diabetes yang menggunakan bahan aktif semaglutide, bahan ini lah yang disebut bisa menurunkan berat badan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun awal tahun ini, Michelle membeli Ozempic di lapak online dan mulai menggunakannya tanpa resep dokter.

"Saya menghubungi perusahaan ini secara online dan bertanya apakah itu obat penurun berat badan yang resmi dan mereka menjawab ya. Kelihatannya persis sama dan dua hari kemudian sudah ada di depan pintu saya," katanya kepada Kennedy News.

Dia pun menyuntikkan obat pertamanya, yang sekarang dia yakini palsu di internet, pada 20 September dan mulai merasa tidak enak badan hanya 15 menit kemudian.

Setelah itu, sang ibu kehilangan kesadaran sehingga putrinya yang masih kecil lari ke rumah tetangga untuk meminta bantuan. Menyadari kondisi Michelle sangat buruk, tetangga tersebut menelepon ambulans, dan paramedis tiba di tempat kejadian dan membawa ibu tersebut ke rumah sakit terdekat.

"Mereka mencoba memberikan glukosa cair tetapi tidak ada yang bisa memasukkan apa pun ke dalam pembuluh darah saya sehingga mereka mulai memasukkan gel glukosa ke dalam mulut saya," kata ibu yang mengalami trauma tersebut.

"Rupanya saya sadar kembali di dalam ambulans dan mereka mencoba memberi saya kue-kue untuk meningkatkan gula darah saya," sambungnya.

Dia kemudian kehilangan kesadaran lagi dan dilarikan ke ruang gawat darurat ketika dia tiba di rumah sakit. Orang Inggris itu mengungkapkan bahwa kadar gula darahnya turun menjadi 0,6 mmol/L. Sebagai informasi, kadar gula darah normal adalah 7,8 mmol/L bagi yang berusia di bawah 50 tahun.

Dia yakin suntikan yang dia gunakan sebenarnya mengandung insulin murni, menyebabkan kadar insulinnya turun drastis. Dia sekarang memperingatkan orang lain untuk tidak membeli obat-obatan melalui internet.



Peringatan WHO Terkait Peredaran Obat Diabetes Palsu

Peringatan WHO Terkait Peredaran Obat Diabetes Palsu


(kna/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat