gtrees.net

Gairah Seksual Berkurang? Ini 10 Cara Meningkatkan Libido

Young male and female in blue protective masks taking photo by phone on tripod at home
Gairah seks bisa meredup (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Jakarta -

Libido atau gairah seks biasanya mengalami fluktuasi sepanjang waktu. Banyak hal yang dapat memengaruhi naik turunnya libido seseorang, mulai dari stres sehari-hari, usia, hingga fluktuasi hormon, dan menurunnya hasrat seksual terkadang bisa menjadi masalah bagi sebagian orang.

Libido yang menurun atau rendah dalam jangka waktu yang lama tentu bisa mengganggu kualitas hubungan seksual. Menurut Very Well Mind, ada 10 cara yang bisa dilakukan seseorang untuk kembali meningkatkan gairah seksualnya.

1. Mengelola kecemasan

Sulit untuk bisa merasa seksual ketika diri dalam keadaan cemas, dan hal ini telah diuji secara klinis. Kecemasan terbukti dapat memperburuk disfungsi seksual seseorang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ada berbagai cara untuk bisa mengelola kecemasan, seperti terapi, mengonsumsi obat untuk mengobati gangguan kecemasan, atau cara alami seperti meditasi, melatih pernapasan dalam, dan teknik manajemen stres.

2. Menghilangkan depresi

Depresi atau gangguan suasana hati akan memberikan dampak negatif pada libido, sama seperti kecemasan. Ketika seseorang depresi, disfungsi seksual juga akan terjadi. Sehingga, ketika depresi klinis diobati, maka hasrat seksual akan cenderung kembali.

Sama seperti kecemasan, depresi dapat diobati dengan beberapa cara yakni terapi, pengobatan dan/atau metode penyembuhan alami lain.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Gangguan tidur sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah menurunnya libido atau gairah seksual seseorang. Jika masalah tidur dirasa cukup serius, maka perlu adanya pendampingan dokter. Namun, jika masalah tidur ringan, bisa mengikuti langkah-langkah untuk mendapatkan sleep hygiene.

4. Mengonsumsi ramuan alami

Salah satu cara untuk bisa meningkatkan libido adalah dengan mengkonsumsi ramuan alami dan adaptogen, yaitu zat yang telah terbukti mampu mengurangi depresi dan kelelahan.

Zat ini telah terbukti mampu meningkatkan segalanya, mulai dari libido hingga kejantanan, termasuk kesuburan.

Beberapa obat alami yang bisa dikonsumsi adalah maca (akar Peru) ginseng, dan ginkgo biloba.

5. Melakukan latihan fisik

Latihan fisik atau exercise akan memberikan manfaat kepada tubuh, salah satunya adalah menambahkan peningkatan gairah seks.

Olahraga terbukti dapat meningkatkan libido seseorang. Selain itu juga memberikan citra tubuh yang positif, peningkatan kesehatan kardiovaskular dan suasana hati, peningkatan sistem saraf simpatik, dan peningkatan sistem endokrin.

6. Makan makanan peningkat libido

Beberapa makanan dinilai baik untuk libido seseorang. Meskipun cara kerjanya tidak secara instan seperti hanya 'menekan tombol' untuk menjadi seksual.

Beberapa jenis makanan yang kaya zinc mengatur testosteron dan stamina seperti daging merah, kacang pinus, dan tiram.

Lalu ada biji-bijian dan kacang-kacangan untuk penguatan stamina, serta makanan tinggi flavonoid yang mampu bantu mencegah disfungsi seksual seperti jeruk, paprika, teh, dan coklat.

7. Membatasi makanan penurun libido

Di sisi lain, ada beberapa makanan yang justru dinilai dapat menurunkan gairah seks, atau disebut anafrodisiak. Makanan ini memiliki nutrisi atau atribut yang dapat menurunkan kesehatan seksual.

Makanan anafrodisiak antara lain yang memiliki lemak jenuh tinggi, seperti makanan yang digoreng. Lalu kedelai yang dapat meningkatkan estrogen, lemak tak jenuh ganda seperti minyak sayur yang dapat menurunkan testosteron.

Makanan bernatrium tinggi, yang dapat meningkatkan tekanan darah, dan makanan yang membutuhkan insulin untuk mengolahnya seperti tepung putih dan gula.



Simak Video "Kenali Manfaat Seks Rutin Bagi Kesehatan untuk Pasutri"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat