gtrees.net

5 Vitamin yang Menunjang Fungsi Ereksi, Apa Saja?

Ilustrasi pasangan bercinta
Foto: (Shutterstock)

Daftar Isi
  • Vitamin yang Menunjang Fungsi Ereksi
  • 1. Vitamin B3 2. Vitamin B9 3. Vitamin D 4. Vitamin E 5. Vitamin B Kompleks
Jakarta -

Kesehatan seksual menjadi bagian penting bagi pria maupun wanita. Bagi pria, salah satu aspek penting adalah kemampuan untuk mempertahankan ereksi yang sehat.

Seringkali, masalah ereksi berkaitan dengan faktor psikologis atau fisik. Disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan untuk mendapatkan dan mempertahankan ereksi yang cukup kuat untuk berhubungan seks.

Beberapa asupan dapat membantu mengatasi kondisi ini. Salah satu komponen nutrisi yang berperan dalam mendukung fungsi ereksi adalah vitamin.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Vitamin yang Menunjang Fungsi Ereksi

Beberapa vitamin yang bisa mendukung fungsi ereksi yaitu vitamin B3, B9, D, dan E, dan B kompleks. Vitamin-vitamin ini dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi, sehingga bisa membuat ereksi tahan lama. Apa saja manfaat dari vitamin tersebut?

1. Vitamin B3

Niasin atau vitamin B3 bisa meningkatkan fungsi ereksi. Mengutip Medical News Today, sebuah penelitian menemukan bahwa vitamin ini bisa memperbaiki gejala pada orang yang mengalami disfungsi ereksi sedang sampai berat.

ADVERTISEMENT

Kamu bisa mendapatkan manfaat vitamin B3 ini dari daging ayam, sapi, dan kalkun, kacang-kacangan, beras merah, alpukat, hingga jamur.

2. Vitamin B9

Vitamin B9 dapat berperan dalam disfungsi ereksi. Sebuah studi di tahun 2014 menunjukkan bahwa banyak peserta yang mengalami disfungsi ereksi kekurangan asupan asam folat.

Sementara itu, studi pada tahun 2020 menemukan bahwa suplemen asam folat dapat memperbaiki keparahan disfungsi ereksi. Kamu bisa mendapatkan vitamin B9 dari hati sapi, sayuran hijau seperti bayam dan kangkung, asparagus, alpukat, telur, jeruk dan pisang, serta buncis dan kacang-kacangan.

3. Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam membuat oksida nitrat, suatu zat dalam tubuh yang membantu mengendurkan dan memperlebar pembuluh darah. Selain itu, vitamin D juga membantu mengontrol hormon penting yang berkaitan dengan reproduksi. Nutrisi ini dapat mempengaruhi aktivitas saraf di area tubuh yang sensitif terhadap rangsangan seksual.

Berbagai penelitian juga mengkonfirmasi bahwa kadar vitamin D yang ada di dalam darah cukup kuat korelasinya dengan peningkatan fungsi seksual. Kekurangan vitamin D dapat membuat kinerja seksual menurun.

Makanan yang mengandung vitamin D tinggi di antaranya yaitu ikan salmon, daging merah, hati, dan kuning telur.

4. Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel-sel penis dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin ini juga membantu menjaga ujung saraf dan jaringan otot di penis tetap sehat, membantu meningkatkan aliran darah, dan mencegah penggumpalan darah yang bisa menyumbatnya.

Mengutip laman School of Public Health Harvard University, makanan yang mengandung vitamin C di antaranya yaitu kacang almond, kacang tanah, bit, bayam, labu, paprika merah, asparagus, mangga, dan alpukat.

5. Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks mengemas kedelapan vitamin B dalam satu pil. Vitamin ini memiliki nutrisi yang membantu otak dan area genital berkomunikasi.

Caranya dengan memicu rangkaian peristiwa neurologis yang diperlukan untuk ereksi. Kombinasi vitamin D, E, dan B kompleks akan mendukung multidimensi untuk mencapai dan mempertahankan ereksi yang kuat.

Selaian 5 vitamin yang bisa menunjang fungsi ereksi, kebutuhan nutrisi tubuh lainnya juga harus dipenuhi untuk meningkatkan kualitas hubungan seksual. Tentunya disertai olahraga, tidak merokok, dan penerapan pola hidup sehat lainnya.



Simak Video "Saran Pakar Terkait Konsumsi Vitamin C Bagi Penderita Autoimun"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/row)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat