gtrees.net

Benarkah Bercinta Bikin Tidur Lebih Nyenyak? Begini Penjelasannya

Ilustrasi pasangan dengan gaya bercinta
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Apiwan Borrikonratchata)

Jakarta -

Bagi kebanyakan pasangan, bercinta menjadi rutinitas penutup yang dilakukan sebelum tidur malam. Selain memberikan kesenangan dan kenikmatan fisik, berhubungan seksual sebelum tidur juga memiliki manfaat untuk kesehatan, salah satunya bikin tidur nyenyak.

Dikutip dari Healthline, para ahli mengatakan meskipun tidak ada cukup bukti klinis kuat yang menunjukkan bahwa bercinta membuat seseorang mengantuk, namun mekanisme dasar bahan kimia atau hormon oksitosin 'hormon cinta' yang dilepaskan saat berhubungan seks dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak.

Spesialis tidur dan pendiri Sehatu Sleep di California Utara, Amer Khan mengatakan bahwa pelepasan oksitosin terjadi bersamaan dengan perasaan dan sentuhan kasih sayang yang terhindar dari rasa stres.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Hormon lain seperti dopamin, prolaktin, dan progesteron juga terlibat untuk mempengaruhi pikiran yang rileks setelah melakukan hubungan seks yang memuaskan," cetus Kahn.

"Tapi setiap orang berbeda, jadi bahan kimia yang masuk ke otak Anda tepat sebelum tidur mungkin menstimulasi dan mendorong bangun atau merangsang tidur," kata Khan

ADVERTISEMENT

Penelitian yang dilakukan di University of Ottawa pada tahun 2016 juga menunjukkan bahwa berhubungan seks sebelum tidur mampu mengurangi stres bahkan mungkin dapat membantu pengidap insomnia memperbaiki jam tidur mereka.

Namun, Khan memperingatkan, diperlukan lebih banyak penelitian berskala besar untuk mengeksplorasi subjek ini secara lebih rinci.

"Sebagai dokter tidur, saya menyarankan orang-orang untuk menikmati waktu bersama," kata Khan.

"Kebersamaan fisik, emosional, dan mental lebih penting daripada berfokus pada kebutuhan untuk mencapai orgasme sebelum tidur."

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh CQ University di Adelaide, Australia pada tahun 2017 juga menemukan bahwa lebih dari 60 persen dari 282 orang dewasa yang diteliti melaporkan jika tidur mereka terasa lebih nyenyak setelah melakukan hubungan seks yang memuaskan atau mencapai klimaks.



Simak Video "Cek PSA Untuk Ketahui Risiko Gangguan Prostat"
[Gambas:Video 20detik]
(Nayla Azalia/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat