gtrees.net

Bukan karena Tak Cinta Lagi, Ini Pemicu Libido Suami Nge-drop dan Ogah Bercinta

Ilustrasi pasangan bercinta
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Jakarta -

Bercinta menjadi momen yang penting untuk pasangan suami istri. Selain memberikan manfaat kesehatan, rutin bercinta juga terbukti dapat meningkatkan keharmonisan rumah tangga.

Namun, permasalahan libido tak jarang juga dialami oleh suami. Hal ini tentu dapat memengaruhi kehidupan di atas ranjang dan tak jarang mengakibatkan masalah keintiman dalam rumah tangga.

Berkaitan dengan masalah tersebut, seksolog Isiah McKimmie menjelaskan bagaimana seorang pria kehilangan libido. Isiah menuturkan perbedaan libido atau dorongan seksual pasangan suami istri merupakan hal yang umum terjadi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jika dinilai sudah sangat mengganggu, Isiah menuturkan tidak ada salahnya pasangan mengonsultasikan masalah tersebut pada terapis pasangan dan seksolog.

"Saya sangat menyadari emosi menyakitkan yang dapat ditimbulkannya bagi kedua belah pihak. Terlepas dari tantangan yang ditimbulkannya, kerja sama dan pemeliharaan kebersamaan yang kuat masih bisa dilakukan," kata Isiah dikutip dari NY Post, Rabu (15/5/2024).

ADVERTISEMENT

Seringkali ekspektasi terhadap hasrat seksual menciptakan tantangan bagi pasangan. Perlu diingat sekali lagi untuk pasangan suami istri, perbedaan dorongan seksual adalah hal yang sangat umum dan banyak pasangan lain yang mengalami hal tersebut.

Dorongan seksual yang lebih rendah belum tentu mencerminkan cinta yang menurun atau pasangan jatuh cinta pada orang lain.

Libido umumnya berfluktuasi sepanjang hidup. Kondisi tersebut dapat berubah untuk kedua belah pihak di waktu yang berbeda. Namun, jika perubahan yang muncul terjadi secara drastis dan tiba-tiba, ada baiknya pasangan berusaha mencari tahu penyebab utamanya.

Kondisi suami yang kehilangan minat pada seks dapat menjadi tantangan yang besar untuk pasangan. Ketika seorang pria kehilangan minat terhadap seks, hal ini dapat menantang rasa maskulinitas dan harga diri mereka, sehingga menimbulkan rasa malu dan tidak berdaya.

Hal ini juga bisa menyulitkan karena mematahkan stereotip bahwa pria selalu memiliki minat yang tinggi terhadap seks.

"Sebagai pasangan, wanita bisa saja merasa tidak menarik dan tidak diinginkan. Hal ini yang menjadi tantangan," kata Isiah.

"Penyebab umum seorang pria kehilangan libidonya itu meliputi stres, depresi, masalah kesehatan, efek samping obat, kecemasan, ketidakpuasan hubungan, masalah ereksi, dan masalah hormonal," sambungnya.

NEXT: Cara Mengatasi Libido Suami Drop

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat