gtrees.net

3 Efek yang Bisa Dirasakan saat Lama Tak Bercinta Bagi Pasutri

Ilustrasi pasangan minum kopi dan manfaatnya.
Ilustrasi pasangan bercinta. (Foto: Getty Images)

Daftar Isi
  • 1. Ansietas dan Stres
  • 2. Kedekatan dengan Pasangan
  • 3. Dinding Vagina dan Pelumasan
Jakarta -

Ada beragam alasan pasangan suami istri berhenti melakukan hubungan intim. Mulai dari karena rutinitas yang terlalu sibuk, kelelahan, faktor anak, dan lain sebagainya.

Jika hanya terjadi sesekali, hal tersebut memang tidak menimbulkan masalah. Tapi jika pasutri berhenti bercinta untuk waktu yang terlalu lama, maka dampaknya bisa ke kesehatan fisik serta mental.

Dikutip dari WebMD, berikut gangguan kesehatan yang bisa dialami pasutri yang lama tidak berhubungan intim.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Ansietas dan Stres

Pasangan yang jarang berhubungan intim bisa merasa kurang terhubung satu sama lain. Sebab, mereka kehilangan salah satu momen untuk bisa membicarakan tentang perasaan dan masalah masing-masing. Sesi 'curhat' seperti ini penting untuk membantu mengelola stres yang dirasakan sehari-hari.

Seks juga membuat tubuh melepaskan hormon, seperti oksitosin dan endorfin, yang dapat memicu rasa bahagia dan menurunkan stres. Tak hanya itu, oksitosin juga meningkatkan kualitas tidur, yang mana secara tidak langsung membantu memelihara kesehatan mental.

ADVERTISEMENT

2. Kedekatan dengan Pasangan

Berhubungan seks secara teratur juga membantu meningkatkan kedekatan emosional antara suami dan istri. Pasangan yang lebih sering bercinta cenderung mengaku mereka lebih bahagia dibandingkan pasangan yang jarang melakukan hubungan intim.

Meski begitu, pasutri tidak perlu memaksakan untuk bercinta setiap hari. Kuncinya adalah menemukan waktu dan frekuensi yang tepat. Jadi, apa yang berlaku untuk orang lain belum tentu cocok untuk Anda dan pasangan.

3. Dinding Vagina dan Pelumasan

Bagi wanita, terutama yang sudah mengalami menopause, rutin berhubungan seks memiliki manfaat yang besar terhadap kesehatan organ reproduksinya. Tanpa hubungan seks yang teratur, vagina dapat mengencang dan jaringan yang ada pada dinding vagina dapat menjadi lebih tipis. Akibatnya, dinding vagina menjadi lebih mudah terluka, robek, atau berdarah saat berhubungan intim.

Hal ini tentunya dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan membuat istri semakin ogah untuk bercinta.



Simak Video "Kenali Manfaat Seks Rutin Bagi Kesehatan untuk Pasutri"
[Gambas:Video 20detik]
(ath/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat