gtrees.net

Sebentar Lagi Puasa, Siap-siap Atur Jadwal Bercinta

Alarm clock in bed
Siap-siap atur jadwal bercinta (Foto: Getty Images/iStockphoto/tolgart)

Jakarta -

Bulan Ramadan sebentar lagi tiba, setiap orang yang menjalankannya wajib menahan nafsu terhadap makan, minum, bahkan hasrat untuk berhubungan intim.

Tak sedikit pasangan yang bingung menentukan waktu yang tepat untuk berhubungan intim saat puasa. Hal ini dikarenakan berhubungan intim tak diperbolehkan dilakukan di siang hari lantaran dapat membatalkan puasa. Lantas, kapan sih waktu terbaik untuk berhubungan intim?

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi (obgyn), dr Dinda Derdameisya mengatakan waktu terbaik bercinta bagi pasangan suami istri di bulan Ramadan adalah di malam hari setelah salat taraweh.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurutnya, hal ini dilakukan agar tak mengganggu waktu ibadah di bulan puasa.

"Kalau berhubungan ya nggak boleh pas puasa ya. Itu biasanya dilakukan pada saat malam hari, jangan lupa sholat teraweh dulu," katanya saat ditemui di Jakarta Selatan, Senin (4/3/2024).

Sebagaimana diketahui, melakukan hubungan suami istri di bulan Ramadan dalam ajaran Islam dilarang untuk dilakukan pada siang hari sewaktu tengah berpuasa. Terdapat hukum dan ketentuan khusus yang mengatur mengenai perkara tersebut yang disebut sebagai kafarat' uzhma.

Jika sepasang suami istri secara sengaja melakukan hubungan intim pada siang hari di bulan Ramadan dan dalam keadaan keduanya sedang berpuasa dapat membatalkan puasanya dan mendapat dosa. Keduanya diwajibkan untuk membayarnya dengan denda yang sudah ditetapkan.

Meskipun hubungan intim sah dilakukan oleh pasangan suami istri, namun adanya larangan ini sebenarnya menyangkut dengan esensi dari bulan Ramadan itu sendiri, bahwa umat muslim tidak hanya menahan lapar dan makan namun juga diharapkan mampu menjaga diri, salah satunya melawan hawa nafsu.

NEXT: Aturan bercinta saat puasa menurut agama



Simak Video "Tips Puasa Sehat: Jaga Pola Makan hingga Jangan Lupa Olahraga!"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat