gtrees.net

Mendadak Keluhkan BAB Berdarah, Apakah Berbahaya Dok?

ilustrasi toilet
Foto ilustrasi: ilustrasi/thinkstock

Daftar Isi
  • Tentang Konsultasi Kesehatan
Jakarta -

Pertanyaan:

Halo Dok, saya ingin menanyakan sesuatu. Mengapa kemarin saya saat BAB mengeluarkan begitu banyak darah, tapi sama sekali tidak sakit?

Tapi, ada juga saat saya BAB normal kembali dan tidak ada perdarahan. Apakah itu gejala suatu penyakit atau kenapa ya Dok?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Riskiansyah (pria, 27 tahun)

Jawaban:

Adanya darah segar pada saat BAB menandakan adanya robekan pada pembuluh darah, yang berada pada selaput lendir saluran pembuangan tinja. Hal tersebut bisa disebabkan adanya hemoroid atau ambeien, infeksi saluran pembuangan atau adanya benjolan atau tumor di saluran pembuangan.

Untuk memastikan kemungkinan penyakit tersebut, ada baiknya pasien menjalani pemeriksaan fisik dan penunjang yang dapat dilakukan pada dokter umum atau dokter spesialis bedah setempat.

dr Yustinus Rurie Wirawan, SpB, FINACS, MH

Dokter Spesialis Bedah Umum

Primaya Hospital Bhakti Wara

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca yang memiliki pertanyaan seputar kesehatan, dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin melalui form Konsultasi , KLIK DI SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Kerahasiaan identitas dijamin.

Mau tahu kondisi mental health kamu? Coba ikutan tes psikologi DI SINI.



Upaya Agar Terhindar dari Ambeien dan Sulit BAB Lancar

Upaya Agar Terhindar dari Ambeien dan Sulit BAB Lancar


(sao/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat