gtrees.net

Apakah Dahak Berdarah yang Keluar saat Batuk Berbahaya Dok?

Batuk
Ilustrasi batuk (oto: Thinkstock)

Daftar Isi
  • Tentang Konsultasi Kesehatan
Jakarta -

Pertanyaan:

Mau bertanya Dok, saya dua minggu ini batuk dan ada sedikit darahnya di dahak. Yang dirasakan hanya batuk berdahak saja. Jujur saya takut.

Apakah itu berbahaya dan obat apa yang bisa saya konsumsi?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Doni (pria, 22 tahun)

Jawaban:

ADVERTISEMENT

Batuk dengan dahak campur darah, bisa diakibatkan oleh beberapa sebab. Sebab yang pertama bisa diakibatkan oleh iritasi saluran napas, sehingga menyebabkan luka pada saluran napas.

Penyebab kedua, bisa diakibatkan oleh infeksi pada paru-paru seperti pada umumnya oleh kuman M Tuberculosis, dalam hal ini penyakit TBC paru. Penyebab ketiga, bisa diakibatkan oleh tumor, baik itu di paru-paru maupun di rongga paru (mediastinum).

Maka dari itu, pada pasien-pasien dengan keluhan batuk lebih dari 2 minggu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan x-ray thorax, untuk memberikan informasi awal terkait batuk dengan dahak bercampur darah.

dr Achmad Fausan, SpPD

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Primaya Hospital Makassar

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca yang memiliki pertanyaan seputar kesehatan, dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin melalui form Konsultasi , KLIK DI SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Kerahasiaan identitas dijamin.

Mau tahu kondisi mental health kamu? Coba ikutan tes psikologi DI SINI.



Simak Video "Mengulas Seputar Transplantasi Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat