gtrees.net

Kerap Merasa Takut dan Khawatir saat Ada Orang Marah, Penyebabnya Apa Dok?

Ilustrasi Menantu Marah dengan Mertua
Ilustrasi marah. (Foto: iStock)

Daftar Isi
  • Tentang Konsultasi Kesehatan
Jakarta -

Pertanyaan:

Saya perempuan yang saat ini berusia 16 tahun. Saya selalu takut pada orang yang berekspresi atau bernada marah. Selalu khawatir dan selalu takut salah untuk melakukan hal-hal, walaupun sudah berhati-hati.

Saya juga selalu takut merepotkan atau terbebankan, dan lain-lain. Pokoknya itu susah menjelaskan. Bahkan saya tidak berani menatap dan menyapa. Jika orangnya senyum dan lain sebagainya saya menyikapi ramah. Sebenarnya saya kenapa ya Dok?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PS (wanita, 16 tahun)

Jawaban:

ADVERTISEMENT

Semua emosi atau perasaan memiliki fungsinya masing-masing, termasuk perasaan takut. Perasaan takut berfungsi untuk menghindari atau mengurangi bahaya.

Namun, perasaan takut yang berlangsung terus menerus dalam intensitas yang tinggi dan tidak bisa dikendalikan dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan dalam melakukan fungsinya sehari-hari.

Bila kondisi ini berlangsung lama dapat menyebabkan kelelahan kronis dan keluhan-keluhan fisik, seperti peningkatan tekanan darah, jantung berdebar-debar, hingga ketegangan otot-otot karena tubuh hampir selalu dalam kondisi waspada.

Anda bisa berkonsultasi dengan profesional di bidang kesehatan jiwa. Ini untuk mengetahui apakah kondisi yang Anda alami masih dalam batas normal atau sudah merupakan gejala-gejala suatu gangguan mental.

Evaluasi yang lengkap perlu dilakukan sebelum menentukan ada tidaknya gangguan dan rencana terapi berikutnya. Sambil menunggu waktu konsultasi, Anda bisa menerapkan pola hidup sehat dan membicarakan hal yang mengganggu pikiran Anda dengan kerabat atau sahabat yang bisa Anda percaya.

dr Alvina, SpKJ

Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa

Primaya Hospital Bekasi Barat

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca yang memiliki pertanyaan seputar kesehatan, dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin melalui form Konsultasi , KLIK DI SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Kerahasiaan identitas dijamin.

Mau tahu kondisi mental health kamu? Coba ikutan tes psikologi DI SINI.



Simak Video "Merasa Sedih saat Hujan Turun, Simak Tips Preventif dari Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat