gtrees.net

Sering Sendawa Setelah Sarapan, Apakah karena Idap GERD Dok?

Kenapa bisa terjadi sendawa saat makan?
Foto ilustrasi: iStock

Jakarta -

Pertanyaan:

Dokter, saya biasa sarapan nasi. Tapi, sekitar 1 jam kemudian, saya sendawa terus sampai mual. Sebelumnya, saya memang punya riwayat GERD.

Apakah sendawa itu ada hubungannya dengan keluhan saya Dok?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lalu, penyebab sendawa terus-terusan ini apa ya?

Resty (wanita, 29 tahun)

ADVERTISEMENT

Jawaban:

Bersendawa merupakan salah satu upaya tubuh untuk mengeluarkan udara yang berlebihan dari saluran pencernaan bagian atas. Kebanyakan kasus sendawa terjadi akibat seseorang menelan udara secara berlebihan.

Menelan udara berlebihan dapat terjadi pada saat makan atau minum terlalu cepat, berbicara sambil makan, mengunyah permen karet, menghisap permen, minum minuman berkarbonasi, bernapas lewat mulut atau merokok.

Sendawa kronis atau yang sudah berlangsung lama dapat disebabkan oleh kondisi penyakit, yang menyebabkan peningkatan gas dalam saluran cerna atas seperti:

  • Penyakit GERD
  • Radang lambung
  • Infeksi lambung

Dalam kasus tersebut selain sendawa dapat ditemukan gejala lain, seperti pada kasus GERD umumnya ada rasa panas di bagian tengah dada, mulut terasa asam, sering kembung.

Sedangkan pada kondisi radang saluran cerna atas atau infeksi gejala lain, mungkin menunjukkan gejala seperti nyeri perut, mual, muntah, atau adanya keluhan BAB hitam.

Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi udara pada saluran cerna atas seperti:

  • Makan dan minum secara perlahan.
  • Hindari konsumsi minuman berkarbonasi dan bir.
  • Batasi asupan makanan yang dapat memicu gas berlebih seperti susu dan produk olahannya, gandum, pemanis buatan, atau makanan berlemak.
  • Berhenti merokok.
  • Hindari berbaring setelah makan.

Apabila dirasakan gejala sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter terdekat agar mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang sesuai.

dr Nur Asicha, SpPD

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Primaya Hospital Bekasi Barat

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca yang memiliki pertanyaan seputar kesehatan, dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin melalui form Konsultasi , KLIK DI SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan penanya. Kerahasiaan identitas dijamin.

Mau tahu kondisi mental health kamu? Coba ikutan tes psikologi DI SINI.



Simak Video "Aduh! Saat Puasa GERD Kambuh"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat