gtrees.net

Pebulutangkis China Zhang Zhi Jie Meninggal, Dokter Jantung Ungkap Kemungkinannya

Zhang Zhi Jie
Foto: Badminton Asia

Jakarta -

Media sosial diramaikan soal meninggalnya salah satu atlet badminton muda bernama Zhang Zhi Jie asal China yang tiba-tiba roboh di lapangan. Kejadian ini terjadi ketika Zhi Jie berlaga di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Junior atau Badminton Asia Junior Championships 2024 di Yogyakarta, Indonesia.

Insiden tersebut terjadi pada Minggu (30/6) pada laga ketiga yang mempertemukan wakil China dan Jepang. Berlangsung di GOR Among Raga, Zhie Jie tiba-tiba saja roboh dan mengalami kejang.

Spesialis jantung dr Berlian Idriansyah Idris, SpJP mengatakan kematian mendadak seperti dialami Zhang Zhi Jie bisa terjadi antara lain karena adanya gangguan irama jantung atau henti jantung. Lanjut dr Berlian, kejang-kejang yang dialami Zhang Zhi Jie termasuk ke dalam aksi lanjutan dari henti jantung itu sendiri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ada kemungkinan pemain tersebut mengalami gangguan irama jantung. Seperti yang dialami Christian Eriksen pemain sepak bola profesional asal Denmark (di Euro 2020)," ujar dr Berlian kepada , Senin (1/7/2024).

dr Berlian menambahkan, baik atlet dan non-atlet memiliki risiko yang sama besarnya terkait henti jantung. Namun, yang membedakan kondisi tersebut adalah penyebabnya.

"Pada atlet, henti jantung lebih banyak terjadi karena gangguan irama jantung. Akibat jantung dipacu dengan sangat intens ketika olahraga. Sementara pada non-atlet penyebab henti jantung tersering adalah serangan jantung akibat penyakit jantung koroner," kata dr Berlian.

Lebih lanjut, dr Berlian menekankan seseorang yang tiba-tiba roboh karena henti jantung harus segera diberikan pertolongan dengan cepat. Salah satu cara menolongnya adalah dengan resusitasi jantung paru (RJP).

"Apapun penyebabnya, penderita henti jantung mendadak harus diresusitasi segera. Hal ini tidak terlihat dilakukan pada pemain bulu tangkis tersebut (Zhang Zhi Jie)," tegas dr Berlian.

"Sekiranya dilakukan dengan cepat dan tepat (RJP), seperti pada Christian Eriksen, sangat mungkin Zhang Zhie Jie bisa diselamatkan," sambungnya.

NEXT: Tanda-tanda yang perlu diwaspadai



Simak Video "Kronologi Pebulutangkis China Zhang Zhi Jie Meninggal Setelah Kolaps di AJC"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat