gtrees.net

Kata Menkes soal Fenomena FOMO 'Mendadak Marathon'

Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: Atta Kharisma/detikHealth)

Jakarta -

Belakangan semakin banyak orang yang dilanda fenomena 'fear of missing out' alias FOMO. Fenomena psikologis ini mendorong seseorang untuk berpartisipasi dalam acara atau aktivitas karena takut melewatkan pengalaman yang bisa diperoleh.

Terkadang, FOMO juga bisa membuat orang-orang mengikuti aktivitas yang di luar kemampuannya. Contohnya, FOMO ikut lomba lari marathon karena ingin merasakan keseruannya.

FOMO marathon ini turut mendapat tanggapan dari Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, yang saat ini tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang Berlin Marathon. Menurutnya, lari marathon tidak bisa diikuti secara asal-asalan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya ngerasain sendiri untuk marathon itu perlu persiapan," ujarnya kepada di acara BTN Jakarta International Marathon (Jakim) 2024 di Jakarta Pusat, Minggu (23/6/2024).

Budi yang kali ini turun di kategori 10K pada ajang BTN Jakim 2024 mengungkapkan persiapan marathon tidak hanya latihan lari saja, tapi juga meliputi latihan kekuatan.

"Bukan hanya latihannya (lari), tapi juga latihan strength, kekuatan kaki supaya lututnya nggak rusak, kakinya nggak cedera," ucapnya.

Karena itu, Budi menyarankan bagi orang-orang yang ingin ikut marathon agar betul-betul mempersiapkan diri dengan matang.

"Saran saya latihan yang benar," pungkasnya.



Menkes Bicara Perlunya AI untuk Memberikan Layanan Kesehatan Terbaik

Menkes Bicara Perlunya AI untuk Memberikan Layanan Kesehatan Terbaik


(ath/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat