gtrees.net

5 Manfaat Jalan Kaki di Walking Pad, Mampu Bakar Ratusan Kalori

Ilustrasi olahraga jalan kaki di walking pad.
Foto: Freepik

Daftar Isi
  • Manfaat Jalan Kaki di Walking Pad
  • 1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot 2. Mengurangi Berat Badan 3. Menambah Energi 4. Menjaga Kesehatan Mental 5. Meningkatkan Produktivitas
  • Apa Perbedaan Walking Pad dan Treadmill?
  • Untuk Siapa Walking Pad Digunakan?
Jakarta -

Belakangan ini, jalan kaki di walking pad menjadi salah satu tren olahraga baru di masyarakat. Sebab, kamu tak harus olahraga di luar ruangan atau pergi ke tempat gym, cukup dilakukan di dalam rumah dengan santai.

Selain itu, alat ini punya ukuran yang lebih kecil daripada treadmill, sehingga mudah dipindahkan ke mana-mana. Soal harga, walking pad juga lebih murah. Alasan itu yang membuat banyak orang mencoba menggunakan walking pad.

Namun, apa saja manfaat jalan kaki di walking pad? Biar nggak penasaran, simak pembahasannya secara lengkap dalam artikel ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Manfaat Jalan Kaki di Walking Pad

Ada sejumlah manfaat yang didapat dengan berjalan kaki di walking pad. Mengutip laman Life Span, berikut sejumlah manfaatnya:

1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

Manfaat jalan kaki di walking pad yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan tulang dan otot. Sebab, jalan kaki merupakan salah satu bentuk olahraga menahan beban tubuh, yang berarti juga penting untuk menjaga kekuatan dan keseimbangan tubuh.

2. Mengurangi Berat Badan

Alasan utama mengapa banyak orang mulai menggunakan walking pad adalah karena ingin mengurangi berat badan.

Menurut sebuah studi di 2023, para peneliti menemukan bahwa orang yang berjalan kaki sebanyak 5.000 langkah setiap hari dapat membakar sekitar 100-200 kalori.

Namun, hal tersebut tergantung dari berat badan seseorang. Selain itu, imbangi juga dengan menjaga pola makan sehat dan tidur teratur agar berat badan bisa berkurang secara maksimal.

3. Menambah Energi

Sebuah penelitian di 2023 menunjukkan bahwa dengan berjalan kaki di walking pad mampu meningkatkan energi seseorang, sehingga kondisi fisiknya lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

4. Menjaga Kesehatan Mental

Selain meningkatkan kekuatan fisik, berjalan kaki di walking pad juga dapat menjaga kesehatan mental. Sebab, rutin berolahraga dapat melepas endorfin, yakni hormon perasaan senang.

Dengan begitu, jalan kaki di walking pad dapat meningkatkan perasaan hati sekaligus meminimalisir stres dan kecemasan.

5. Meningkatkan Produktivitas

Manfaat yang terakhir adalah dapat meningkatkan produktivitas sehari-hari. Dengan berjalan kaki di walking pad, kamu bisa lebih berkonsentrasi dalam mengerjakan tugas sehari-hari.

Selain itu, rutin berjalan kaki juga dapat menjernihkan pikiran, sehingga dapat memicu kreativitas dalam berpikir.

Apa Perbedaan Walking Pad dan Treadmill?

Tak hanya ukurannya saja yang berbeda, masih ada sejumlah perbedaan lain antara walking pad dan treadmill.

Mengutip laman Cleveland Clinic, sebenarnya walking pad merupakan bagian dasar dari treadmill. Hanya saja, treadmill memiliki sejumlah kelebihan, yakni dari segi fitur kemiringan (inclines) yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

Selain itu, treadmill juga dilengkapi dengan layar elektronik interaktif untuk memantau detak jantung atau menonton TV lewat layar kecil. Sementara itu, umumnya walking pad hanya menampilkan jumlah langkah dan kalori yang terbakar.

Walking pad juga memiliki fitur untuk menambah kecepatan saat berjalan kaki, tapi tak sekencang di treadmill. Pada umumnya, treadmill dapat memiliki kecepatan tertinggi hingga 25 km/ jam, sedangkan walking pad hanya mencapai 10 km/jam.

Untuk Siapa Walking Pad Digunakan?

Meski terdapat perbedaan, tapi bukan berarti walking pad tidak dapat memberikan manfaat. Justru, alat ini lebih cocok bagi mereka yang memiliki kesibukan dengan pekerjaannya, sehingga tak sempat untuk olahraga di luar atau pergi ke tempat gym.

"Walking pad mungkin lebih bermanfaat bagi mereka yang baru saja mulai berolahraga dibandingkan orang yang lebih aktif dan teratur dalam olahraga," kata Chris Dempers, seorang ahli fisiologi olahraga dilansir Cleveland Clinic.

"Jika Anda sudah sering berolahraga, walking pad mungkin tidak memberikan efek terlalu banyak. Namun jika Anda baru beralih dari gaya hidup yang malas dan tidak banyak bergerak, walking pad bisa memberikan banyak manfaat," ujarnya.

Demikian pembahasan tentang lima manfaat jalan kaki di walking pad. Jadi, tertarik untuk menggunakan walking pad di rumah?



3 Rekomendasi Lokasi Buat Jalan-jalan Santai di Jakarta

3 Rekomendasi Lokasi Buat Jalan-jalan Santai di Jakarta


(ilf/inf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat