gtrees.net

Air Kelapa Muda Bagus untuk Recovery usai Olahraga? Ini Faktanya

Fresh coconuts hanging on a palm tree. Coconut with coconut palm tree are Perennial plant and fruit, coconut bunch on an uprisen angle, fragrant coconut, Young Nam-Hom coconut for drinking
Air kelapa (Foto: Getty Images/onuma Inthapong)

Jakarta -

Setelah melakukan olahraga dengan intensitas berat seperti sepak bola, basket, atau yang sedang hype saat ini, marathon, tubuh akan kehabisan tenaga atau kelelahan. Selain beristirahat yang cukup, minum air kelapa muda juga dipercaya mampu membantu recovery tubuh secara cepat.

Ketua Pengurus Pusat Indonesia Sport Nutritionist Association (PP ISNA) Dr Rita Ramayulis, DCN, M.Kes membenarkan hal tersebut. Menurutnya, air kelapa muda memiliki manfaat untuk mengembalikan energi seseorang selama tahap recovery dan mencegah dehidrasi, salah satu penyebab kram otot.

"Air kelapa muda itu memang cepat memberikan recovery kepada seseorang. Jadi ketika seseorang melakukan olahraga berat itu akan kehilangan cairan tubuh, dalam hal ini dehidrasi. Dehidrasi bisa meningkatkan risiko seseorang menjadi kram," ujar Rita saat dihubungi , Jumat (21/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Air kelapa muda itu bisa meningkatkan asupan cairan. Sehingga cepat mengatasi dehidrasi tersebut. Selain itu, air kelapa juga mengandung elektrolit. Namun perlu dipahami bahwa elektrolit yang ada di air kelapa itu dominannya adalah kalium bukan natrium. Jadi dia lebih diutamakan untuk mencegah kram dan juga mengatur sistem saraf," sambungnya.

Namun, Rita melanjutkan, orang-orang yang berolahraga dan mengeluarkan banyak keringat harus mengganti zat gizi lainnya yang hilang. Air kelapa muda sendiri hanya mengandung elektrolit kalium. Sehingga dibutuhkan minuman ion yang mengandung natrium untuk menyeimbangkan.

"Namun pada orang-orang yang berolahraga dan mengeluarkan keringat banyak, itu kan yang hilang di tubuhnya tidak hanya elektrolit kalium saja, tapi juga kehilangan natrium. Maka sebaiknya kalau keringatnya banyak tidak hanya dengan (minum) air kelapa saja," kata Rita.

"Karena air kelapa baru bisa memberikan kalium dan cairan. Nah, untuk natrium bisa menggunakan minuman ion yang mengandung natrium yang sesuai dengan jumlah yang terdapat pada keringat (yang terbuang)," tutupnya.



MJM 2023, Perpaduan Lengkap Sport Tourism & Zero Waste

MJM 2023, Perpaduan Lengkap Sport Tourism & Zero Waste


(up/up)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat