gtrees.net

Sering Dilupakan, Ini Tips Peregangan Ankle Agar Tak Mudah Cedera

Young sportswoman warming up legs, Standing at the top of the stairs preparing for a run
Tips peregangan ankle kaki (Foto: Getty Images/eternalcreative)

Jakarta -

Manfaat utama melakukan pemanasan dan peregangan sebelum olahraga adalah mengurangi risiko terjadinya cedera. Pasalnya, otot yang masih dingin yang tiba-tiba digunakan beraktivitas berat seperti marathon atau lari jarak jauh akan mudah mengalami cedera.

Salah satu bagian tubuh yang sering dilupakan untuk 'dipanaskan' ototnya adalah ankle. Sehingga, tak sedikit dari para pelari atau atlet lain yang kerap mengalami cedera di bagian ini.

Spesialis bedah orthopedi dan traumatologi dr Langga Sintong, SpOT (K) dari Siloam Hospital Mampang mengatakan ankle merupakan sendi, jadi pemanasan yang baik harus melakukan peregangan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Karena ankle merupakan sendi, jadi pemanasan yang baik harus melakukan peregangan ke segala arah sendinya," ujar dr Langga kepada , Jumat (14/6/2024).

"(Peregangan) ke atas (dorsoflexi), ke bawah (plantarflexi), tekuk ke dalam (inversi), ke luar (eversi). Bisa juga gerakan-gerakan memutar pergelangan kaki," sambungnya.

dr Langga melanjutkan, di ankle juga memiliki tendon atau urat terbesar di tubuh kita, yakni tendon achilles. Menurutnya, tendon ini harus juga diberikan treatment seperti peregangan sebelum melakukan olahraga, karena juga rawan cedera.

"Kemudian di ankle ada tendon atau urat terbesar tubuh kita yakni tendon achilles. Itu juga harus diregangkan karena rawan cedera," tutupnya.



Tips Kurangi Penumpukan Asam Laktat pada Otot

Tips Kurangi Penumpukan Asam Laktat pada Otot


(up/up)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat