gtrees.net

Habis Lari, Telapak Kaki Terasa Nyeri? Waspadai Plantar Fasciitis

Young adult male with his muscle pain during running. runner man having leg ache due to Plantar fasciitis. Sports injuries and medical concept
Waspadai plantar fasciitis (Foto: Getty Images/Panuwat Dangsungnoen)

Jakarta -

Setelah melakukan lari jarak yang jauh, beberapa pelari terkadang mengeluhkan adanya rasa nyeri di telapak kaki. Biasanya, tumit akan menjadi bagian yang paling terasa sakitnya.

Spesialis bedah orthopedi dan traumatologi dr Langga Sintong, SpOT (K) dari Siloam Hospital Mampang mengatakan, kemungkinan cedera ini adalah plantar fasciitis, yakni peradangan di plantar fascia. Peradangan di bagian tersebut akan menimbulkan rasa nyeri di telapak kaki.

"Ada namanya jaringan ikat di telapak kaki kita ini, namanya plantar fascia. Jaringan yang membentang dari tumit ke jari-jari kaki. Tujuannya Tuhan ciptakan (plantar fascia) agar kaki kita seperti ada pegasnya," ujar dr Langga dalam media gathering, Kamis (13/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Biasanya, lanjut dr Langga, kondisi ini akan membuat seseorang sering mengalami rasa nyeri di bagian tumit. Kondisi ini bisa menjadi nyeris ketika tidak tertangani dengan baik.

"Plantar fasciitis itu sering banget nyeri di tumit. Mungkin pada saat itu robek, ada robek kecil-kecil. Mau sembuh nggak jadi, mau sembuh nggak jadi karena dipakai jalan dan lain lain, makannya jadi nyeri kronis," tambanya.

NEXT: Penyebab plantar fasciitis



Simak Video "Mitos atau Fakta: Olahraga Pakai Jaket Sauna Bikin Cepat Kurus"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat