gtrees.net

Tanda-tanda Serangan Jantung saat Berolahraga, Jangan Dianggap Sepele!

Lady and gent runners competing on the streets of Budapest, Hungary.
Ilustrasi lari. (Foto: Getty Images/iStockphoto/tibor5)

Jakarta -

Spesialis jantung dan pembuluh darah, dr Vito A Damay, SpJP(K) mengungkapkan ada beberapa tanda masalah pada jantung yang mungkin dapat muncul ketika sedang berolahraga. Ia mengimbau masyarakat untuk menjaga jantung dan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk memastikan kesehatan jantung.

"Kalau orang itu sudah merasakan, 'oh saya setiap olahraga capeknya nggak normal, bahkan di antara teman seumuran'. Atau ngerasa paling lambat gitu waktu olahraga, tidak sanggup meneruskan latihan itu perlu dicek apakah memang kurang latihan saja atau ada masalah jantung," kata dr Vito dikutip dari siniar Kemenkes, Selasa (11/6/2024).

dr Vito menjelaskan terdapat beberapa tanda-tanda masalah jantung sederhana yang kerap dianggap enteng oleh masyarakat. Gejala-gejala tersebut meliputi rasa nyeri di bagian dada, muncul sesak napas, dan jantung berdebar-debar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Walaupun terkesan sederhana, dr Vito meminta masyarakat untuk tetap mewaspadai gejala-gejala masalah jantung yang sering muncul tersebut. Pemeriksaan secara langsung ke dokter terpercaya sangat disarankan apabila memiliki tanda tersebut.

dr Vito juga menyoroti gejala masalah jantung lanjutan yang mungkin muncul, seperti pingsan. Ketika seseorang pingsan saat olahraga, kemungkinan besar orang tersebut memang mengalami masalah pada jantungnya.

Tidak hanya itu, dr Vito menyebut bahwa ada beberapa tanda masalah jantung saat berolahraga yang kerap dikira penyakit maag karena kemiripan gejalanya.

"Selain sakit di dada, biasanya mual, terus muntah. Lengan sebelahnya kebas, keringat dingin, itu mirip sekali dengan orang sakit maag. Jadi jangan dipikir itu cuma kurang makan aja coba cek dulu benar nggak," kata dr Vito.

"Orang-orang itu kadang masih melihat sendiri-sendiri mengatakan, 'kayaknya tadi habis olahraga maagnya kambuh' begitu. Sebenarnya bukan maagnya kambuh, tapi lagi serangan jantung," tambahnya.

dr Vito mengingatkan bahwa olahraga masih menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung. Ia bahkan menyebut orang dengan penyakit jantung juga wajib untuk tetap berolahraga.

Oleh karena itu, menurutnya tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak berolahraga demi menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

"Ingat olahraga itu sehat dan penting untuk dilakukan. Bahkan orang yang punya penyakit jantung atau orang yang habis olahraga jantung pun harus olahraga. Jadi tidak ada kata 'tidak' ya untuk berolahraga," tandasnya.



Cara Anak Muda agar Tak Terserang Penyakit Jantung

Cara Anak Muda agar Tak Terserang Penyakit Jantung


(avk/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat