gtrees.net

Olahraga 'Kekinian' Tak Hanya Sekadar Gaya Hidup, Tapi Bisa Jadi Investasi Kesehatan

Ilustrasi olahraga pagi
Foto: Getty Images/Worawee Meepian

Jakarta -

Olahraga 'kekinian' tak hanya sekadar menjadi gaya hidup, tetapi juga bisa menjadi investasi kesehatan bagi para anak muda.

Dokter umum, dr Alfi Auliya MKM C.DCAP, menyebut anak-anak muda memang harus lebih memperhatikan kesehatannya, mulai dari menjaga pola hidup sehat dan rajin berolahraga. Tren olahraga yang terus berkembang saat ini dapat menjadi salah satu investasi kesehatan di masa mendatang.

"Masih muda pasti suka ikut olahraga fun run, zaman sekarang ada zumba, poundfit, itu bisa jadi salah satu pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah suatu penyakit," ungkap Alfi dalam saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Masyarakat juga perlu mengubah mindset bahwa sakit bisa dengan mudah diobati hanya pergi ke dokter. dr Afli mengatakan, peran dokter hanya untuk promotif dan kuratif.



"Kadang orang tuh berpikir nanti kalau sakit kan sudah punya asuransi. Tinggal pergi ke dokter dan nanti dapat obat. Sebenarnya peran dokter itu adalah promotif, yang mempromosikan kesehatan dan kuratif atau yang mengobati. Jadi mindset bahwa jika sakit tinggal berobat ke dokter lalu sembuh itu harus dihilangkan," tegasnya.

ADVERTISEMENT

Pentingnya menjaga kesehatan bukan hanya demi kebaikan diri sendiri tapi juga agar tidak merugikan orang lain. Dokter lulusan Trisakti itu menjelaskan penyakit terbagi menjadi dua, yakni penyakit akut dan kronis.

"Nah yang kronis ini nih yang agak menyeramkan, contohnya hipertensi, diabetes, TBC (Tuberkulosis), kanker dan bagi yang merokok itu ada PPOK (Penyakit Paru Obstruksi Kronik). Nah ini yang harus lebih aware. Karena tentunya produktivitas kerja dan aktivitas sehari-hari terganggu yang akhirnya berdampak pada finansial," jelasnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan pentingnya menjaga pola hidup sebagai pencegahan dan investasi masa depan.

"Dan kalau kita berobat nih, biasanya diberikan obat yang spesifik dengan penyakit. Tapi kalau kita melakukan pencegahan, seperti modifikasi gaya hidup. Dia akan mencegah secara general dari segala penyakit, tidak spesifik pada satu penyakit saja," tutup Alfi.



Simak Video "Respons Mikha Tambayong soal Banyak yang Olahraga karena Tren"
[Gambas:Video 20detik]
(Haifa Nur Raidah/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat