gtrees.net

Olahraga saat Bulan Puasa Efeknya Bisa Lebih 'Jos'? Ada Benarnya Sih, Tapi...

ilustrasi olahraga saat puasa
Ilustrasi olahraga. (Foto: Getty Images/maroot sudchinda)

Jakarta -

Bulan puasa bukan halangan untuk tidak aktif dan berolahraga. Berolahraga saat bulan Ramadan justru sangat disarankan untuk mencegah tubuh menjadi lebih lemas saat puasa yang dapat mengganggu ibadah. Apakah benar olahraga saat bulan puasa memiliki efek yang lebih 'pol' untuk tubuh?

Dokter spesialis kedokteran olahraga Mayapada Hospital dr Taufan Favian Reyhan, SpKO, menuturkan secara umum olahraga di bulan puasa dan di waktu biasa memiliki efek yang sama. Hal yang membedakan hanyalah perubahan pola makan dan hidup selama bulan puasa.

"Sama saja, mungkin orang mikir kalau lagi puasa pikirannya lebih untuk menurunkan BB nih karena makannya sudah dijaga. Mungkin kalau dilihat dari sisi kelebihannya, kita lebih disiplin untuk waktu makan dan waktu tidurnya. Tapi kalau secara umum sih sama saja sebenarnya," ucap dr Taufan ketika berbincang dengan .

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

dr Taufan menuturkan berolahraga saat puasa akan memudahkan proses penurunan berat badan. Hal ini dibantu asupan makanan yang lebih terbatas selama puasa, sehingga kalori yang keluar lebih sedikit dibandingkan kalori yang masuk.

Namun, ia mengingatkan sebenarnya olahraga saat puasa lebih ditujukan untuk mempertahankan kebugaran atau berat badan. Jika dipaksakan untuk menurunkan berat badan, dikhawatirkan massa otot tubuh juga mengalami penurunan.

ADVERTISEMENT

"Tetapi yang terjadi tidak hanya pembakaran lemak, tapi pembakaran otot juga terjadi. Karena secara output dia cukup tinggi dibanding inputnya. Bisa konsultasi ke dokter gizi apakah butuh ekstra protein selama bulan puasa untuk memaintain ototnya tidak hilang. Jadi kita harapkan hanya lemaknya saja yang hilang," ujar dr Taufan.

dr Taufan kembali mengingatkan bahwa olahraga di bulan Ramadan sangat penting. Tubuh yang tetap aktif dapat membantu menjaga tubuh lebih sehat dan menghindarkan diri dari berbagai macam penyakit.

"Harus tetap berolahraga itu penting sih, tetap aktif jangan jadikan bulan puasa itu malah buat kita malas bergerak atau untuk nggak ngapa-ngapain gitu ya," pungkasnya.



Simak Video "Sederet Manfaat Olahraga Selama Jalani Puasa Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]
(avk/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat