gtrees.net

Sukses Finish Marathon di Jakarta, Osha Penyandang Autisme Beberkan Prosesnya

Osha penyandang autisme finish marathon
Foto: Dokumentasi BTN Run 2023

Jakarta -

Cerita Osha, penyandang autisme yang berhasil menyelesaikan full marathon 42 km menarik perhatian publik. Dengan kondisinya yang 'berbeda' sebagai penyandang autism spectrum disorder (ASD), pria dengan nama lengkap Natrio Catra Yososha (34) tersebut tetap bersemangat menjalani program latihan yang lumayan panjang.

Dalam acara BTN Jakarta Run 2023, pada Minggu (12/11/2023), Osha berhasil finis dengan catatan waktu 6 jam 47 menit. Meski 'mepet COT' (cut off time), atau tepatnya 13 menit menuju abtas akhir menyelesaikan lomba, kegigihannya untuk terus berjuang sampai finish mengudang decak kagum.

Menurut Osha, mengikuti full marathon bukanlah hal yang mudah. Bukan hanya fisik yang diuji, mental juga benar-benar harus disiapkan agar tahan banting.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Mentalnya juga benar-benar diuji banget," beber Osha pada , Sabtu (25/11/2023).

Lari marathon, khususnya full marathon yang jaraknya 42,195 km, memang bukan nomor atletik yang bisa dianggap remeh. Bagi yang terinspirasi ataupun tertantang untuk mencoba, Osha menyarankan untuk benar-benar mempersiapkan diri dengan berlatih secara konsisten.

"Ukurlah kemampuan. Jadi ya jangan karena ikut-ikutan. Karena yang tahu kondisi tubuh itu diri sendiri. Jadi, walaupun orang bisa kasih saran, tapi yang paling tahu itu diri sendiri. Ukurlah dari situ," ungkap Osha.

"Kalau bisa jangan sekali dua kali. Jadi kalau sudah semua pengalaman dari 5 km, 10 km, half marathon itu semuanya dicoba," pesan Osha, menyiratkan bahwa cuma tahu bulat yang bisa dadakan. Marathon, tentu harus berproses.



MJM 2023, Perpaduan Lengkap Sport Tourism & Zero Waste

MJM 2023, Perpaduan Lengkap Sport Tourism & Zero Waste


(sao/up)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat