gtrees.net

9 Cara Meratakan Perut Buncit dengan Cepat Tanpa Olahraga

asian fat women , Fat girl , Chubby, overweight squeeze belly fat with measure tape on her neck - Woman diet lifestyle overweight problem concept
Foto: Getty Images/iStockphoto/Suphaporn

Daftar Isi
  • Cara Mengecilkan Perut Buncit
  • 1. Gunakan Piring Kecil untuk Makan 2. Minum Air Sebelum Makan 3. Kunyah Makanan Secara Perlahan 4. Perbanyak Asupan Protein 5. Konsumsi Makanan Kaya Serat 6. Hindari Minuman Manis 7. Pilih Makanan Berlemak Sehat 8. Kelola Stres dengan Baik 9. Tidur yang Cukup dan Berkualitas
Jakarta -

Bagi sebagian orang, perut buncit cukup mengganggu penampilan dan bisa menurunkan rasa percaya diri. Perut membesar karena penumpukan lemak berlebih ini juga bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti diabetes dan penyakit jantung.

Oleh sebab itu, tak sedikit orang yang mencoba berbagai cara untuk mengecilkan perut buncit. Dan ternyata kondisi perut ini bisa lho dihilangkan dengan menjalani pola hidup sehat. Lantas, bagaimana cara menghilangkan perut buncit?

Cara Mengecilkan Perut Buncit

Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk meratakan perut buncit tanpa olahraga. Berikut penjelasannya yang dikutip dari Healthline.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Gunakan Piring Kecil untuk Makan

Menghilangkan perut buncit dapat dilakukan dengan mengurangi porsi makan. Dan ini bisa dicoba dengan menggunakan piring kecil saat makan. Piring kecil bisa membuat porsi makan tampak lebih banyak padahal hanya makan sedikit.

Sebaliknya, makan dengan piring besar dapat membuat porsi makan terlihat sedikit sehingga mendorong untuk mengambil lebih banyak makanan.

ADVERTISEMENT

2. Minum Air Sebelum Makan

Penelitian menunjukkan orang yang minum dua gelas air sebelum makan dapat mengurangi porsi makan 22 persen lebih sedikit. Sekitar 500 ml air yang diminum sesaat sebelum makan bisa meregangkan perut dan mengirimkan sinyal kenyang ke otak.

Kamu dapat meminum segelas-dua gelas air sebelum makan sehingga bisa mengurangi asupan kalori. Dengan begitu, lemak makanan tidak menumpuk berlebih di perut dan kamu juga tidak akan kelaparan meski makan lebih sedikit.

3. Kunyah Makanan Secara Perlahan

Mengunyah makanan dengan perlahan bisa jadi salah satu cara untuk meratakan perut buncit. Hal ini karena berhubungan dengan cara otak merespons aktivitas hormon yang mempengaruhi rasa kenyang.

Studi menemukan bahwa orang yang mengunyah atau makan lebih lambat dapat menurunkan asupan makanan yang dikonsumsi dan meningkatkan rasa kenyang.

Sebaliknya, penelitian lain menunjukkan orang yang mengunyah lebih cepat akan makan dengan porsi dan kalori lebih banyak.

4. Perbanyak Asupan Protein

Protein mempunyai efek besar terhadap nafsu makan. Tidak hanya membuat perut kenyang, tapi juga dapat menurunkan asupan kalori dan mengurangi rasa lapar.

Hal ini dikarenakan protein bisa mempengaruhi beberapa hormon yang berperan dalam mengontrol rasa lapar dan kenyang, seperti ghrelin dan glukagon.

5. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Makan makanan tinggi serat juga dapat bantu membuat kenyang lebih lama. Sehingga mencegah untuk konsumsi porsi makan lebih besar yang bisa menyebabkan perut buncit.

Menurut studi, serat kental atau viscous fiber bisa meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan. Jenis serat ini ditemukan pada makanan nabati, seperti oat, kubis, asparagus, dan jeruk.

6. Hindari Minuman Manis

Konsumsi minuman manis dengan gula berlebih menjadi salah satu penyebab naiknya berat badan dan perut buncit. Minuman manis ini, seperti soda, teh manis, kopi susu, dan lainnya.

Asupan gula yang tinggi dapat menaikkan kadar lemak visceral dengan meningkatkan resistensi insulin dan memicu peradangan. Karena itu, hindari minuman dengan gula berlebih jika tak ingin perut membuncit.

7. Pilih Makanan Berlemak Sehat

Lemak jenuh dan lemak trans dapat memicu berat badan bertambah. Di sisi lain, kedua jenis lemak tak sehat itu bisa membahayakan kesehatan jantung dengan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Untuk menghindarinya, konsumsilah makanan yang mengandung lemak sehat. Selain dapat bantu mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan, lemak sehat juga punya banyak manfaat. Makanan berlemak sehat, contohnya alpukat, biji chia, telur, dan zaitun.

8. Kelola Stres dengan Baik

Stres bisa meningkatkan hormon kortisol. Kadar kortisol yang tinggi dapat menaikkan nafsu makan dan mendorong untuk makan dengan porsi lebih banyak.

Kelola stres dengan baik bukan hanya mencegah perut buncit tapi juga cara melindungi diri dari depresi dan obesitas.

9. Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Pola tidur juga memiliki dampak terhadap nafsu makan. Kurang tidur bisa mengganggu leptin dan ghrelin, hormon mengontrol rasa lapar.

Hormon yang naik turun dapat meningkatkan lapar dan nafsu makan sehingga menyebabkan asupan kalori lebih tinggi.

Oleh sebab itu, tidurlah yang cukup dan berkualitas. Waktu tidur ideal bagi orang dewasa sekitar 7-9 jam, dan 8-12 jam untuk anak-anak dan remaja.

Nah, itu dia sederet cara menghilangkan perut buncit tanpa olahraga. Semoga membantu!



Simak Video "Mitos atau Fakta: Sit Up Bikin Perut Buncit Mengecil"
[Gambas:Video 20detik]
(azn/inf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat