gtrees.net

4 Cara Efektif Turunkan BB untuk Dapat Body Goals, Mudah Dilakukan

Ilustrasi diet atau perut buncit
Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/AJ_Watt

Daftar Isi
  • 1. Makan Perlahan
  • 2. Masak dan 'Food Prep'
  • 3. Tidup yang Cukup
  • 4. Tetap Terhidrasi
Jakarta -

Memiliki badan sehat dan bugar dengan berat ideal merupakan keinginan banyak orang. Sebab, hal ini juga menjadi acuan kesehatan tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Dikutip dari Everyday Health, beberapa pakar diet memberikan tips paling efektif dan praktis untuk menurunkan berat badan. Berikut sederet penjelasannya.

1. Makan Perlahan

Licensed Clinical Social Worker and Psychotherapist in Private Practice in New York City beberapa kali meminta pasiennya untuk memilih makanan yang disukai. Kemudian ia menyarankan mereka untuk mengunyah secara perlahan dan menelan ketika semua makanan sudah halus.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Perlu waktu untuk mengetahui kita kenyang. Makan perlahan tidak hanya membuat kita lebih menikmati makanan, tapi juga memberi isyarat kenyang yang lebih baik," jelas Janet Zinn.

2. Masak dan 'Food Prep'

Biasakan untuk memasak dan mempersiapkan makanan atau disebut 'food prep'. Misalnya setiap hari Minggu, siapkan makanan untuk sarapan seperti kombinasi oat, selai kacang, dan whey protein. Selain sarapan, bisa juga persiapkan untuk makan siang. Cobalah melakukan 'food prep' untuk seminggu dan kemas dalam wadah tersendiri, lalu masukkan ke dalam kulkas.

ADVERTISEMENT

"Setiap hari Minggu saya memasak makanan saya secara berkelompok selama seminggu. Untuk sarapan saya kombinasikan oat, selai kacang, rami, dan bubuk protein jadi yang perlu saya lakukan hanyalah menambahkan air dan microwave. Saya juga menyiapkan makan siang untuk seminggu dan mengemasnya dalam wadah tersendiri sehingga saya dapat mengambilnya setiap hari untuk dibawa ke tempat kerja," kata - Kyra Williams, pelatih pribadi di Boston.

3. Tidup yang Cukup

Kurang tidur meningkatkan hormon rasa lapar, ghrelin, dan menurunkan hotmon kepuasan, leptin, yang dapat berkontribusi pada penambahan berat badan. Cobalah untuk menerapkan waktu tidur yang teratur, yakni sekitar 7 hingga 8 jam.

"Saat kita kurang tidur, kita menginginkan lebih banyak makanan asin dan manis. Mengapa? Karena kapanpun Anda merasa lebih lapar, keinginan Anda akan makanan berenergi lebih tinggi - alias berkalori lebih tinggi - semakin meningkat," kata ahli diet-gizi di Texas

"Kita juga tahu bahwa cara kita berpikir dan memproses emosi dipengaruhi oleh kurang tidur, sehingga mudah untuk menghubungkan hal ini dengan gangguan kemampuan untuk membuat pilihan yang masuk akal dalam banyak bidang kehidupan, termasuk makanan," lanjutnya.

4. Tetap Terhidrasi

Penelitian menemukan orang yang minum dua gelas air sebelum makan mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan orang yang tidak minum air sebelum makan. Rasa haus bisa menyamar sebagai rasa lapar sehingga menyebabkan makan lebih banyak. Namun, air juga membuat merasa lebih kenyang dan menyebabkan seseorang lebih sedikit makan.

"Rasa haus bisa menyamar sebagai rasa lapar, sehingga menyebabkan Anda makan lebih banyak. Dan air membuat Anda merasa lebih kenyang, menyebabkan Anda makan lebih sedikit saat makan," kata Megan Casper, RDN, konselor nutrisi dan pendiri serta CEO Nourished Bite.



Simak Video "Tips Menurunkan Berat Badan ala Ade Rai"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/sao)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat