gtrees.net

5 Menu Sarapan 'Anti-Gemuk' yang Bisa Dicoba untuk Turunkan BB, Mau Coba Nggak Nih?

Ilustrasi sarapan
Ilustrasi sarapan. (Foto: iStock)

Jakarta -

Proses penurunan berat badan mungkin tidak akan berjalan dengan mudah untuk beberapa orang. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari kurangnya berolahraga hingga masalah menu makanan yang dikonsumsi.

Tak banyak yang menyadari, bahwa menu sarapan adalah salah satu faktor penting dalam proses penurunan berat badan. Jika sembarangan memilih, menu sarapan yang dikonsumsi bisa justru mengakibatkan kenaikan berat badan. Dikutip dari Eating Well, berikut ini adalah beberapa menu sarapan yang bisa jadi alternatif:

1. Oatmeal

Oatmeal sudah lama dikenal sebagai salah satu menu makanan yang 'ramah' dalam proses penurunan berat badan. Dalam banyak penelitian, oatmeal dinilai sebagai sumber makanan yang bisa membuat perasaan kenyang menjadi lebih lama.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Oatmeal merupakan salah satu jenis sumber karbohidrat 'slow-release' yang dapat membuat tubuh tidak mengalami lonjakan gula darah seperti mengonsumsi karbohidrat olahan. Mengonsumsi oatmeal membuat tubuh insulin tidak melonjak tinggi.

2. Telur

Satu butir telur mengandung enam gram protein dan 72 kalori. Bila dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak, protein memiliki kemampuan membuat seseorang kenyang lebih lama yang lebih baik.

ADVERTISEMENT

Sebuah studi Penelitian Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat tahun 2020 menemukan bahwa mengonsumsi telur untuk sarapan meningkatkan kepuasan makan dan menurunkan konsumsi kalori pada waktu makan selanjutnya. Telur sangat mengenyangkan dan dapat membantu mencegah rasa lapar, terlebih bila dikombinasikan dengan biji-bijian, buah, atau sayuran.

Tidak hanya tinggi protein, bagian kuning telur juga kaya akan nutrisi sehat, seperti kalsium dan antioksidan yang baik untuk mata seperti lutein dan zeaxanthin.

3. Yogurt

Dalam laporan tahun 2020 yang diterbitkan di New England Journal of Medicine, yogurt merupakan salah satu makanan teratas yang dapat mendorong proses penurunan berat badan. Kandungan protein, termasuk protein whey secara alami dapat ditemukan di dalam yogurt.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan protein dapat membuat seseorang kenyang lebih lama. Yogurt juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna apabila dibandingkan dengan karbohidrat sederhana.

Untuk tetap menjaga asupan kalori, pilihlah yogurt tanpa gula dan kombinasikan dengan buah segar jika ingin menambahkan rasa manis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat