gtrees.net

7 Cara Diet Kolesterol, Daftar Asupan yang Perlu Dikonsumsi dan Dibatasi

Ilustrasi kolesterol
Ilustrasi kolesterol. Foto: Getty Images/iStockphoto/tumsasedgars

Daftar Isi
  • 7 Cara Diet Kolesterol
  • 1. Tambahkan Lebih Banyak Serat Larut dalam Makanan 2. Batasi Asupan Lemak Jenuh 3. Hindari Lemak Trans 4. Makan Ikan Tinggi Asam Omega 3 5. Batasi Garam 6. Batasi Alkohol 7. Konsumsi Makanan Seimbang
Jakarta -

Diet kolesterol adalah metode hidup sehat dengan menekan kadar zat ini dalam tubuh. Diet juga dilakukan dengan lebih selektif pada asupan yang hendak dikonsumsi.

Mengutip laman RSUP Dr. Sardjito, diet kolesterol dilakukan untuk menurunkan kadar zat ini dalam darah di atas 250 mg/dl. Diet dilakukan untuk mencegah efek buruk kolesterol bagi tubuh, misal terjadinya gangguan jantung.

Orang yang memiliki kolesterol tinggi harus memperhatikan makanan yang ingin dikonsumsi. Kadar kolesterol yang tinggi sendiri bisa menyebabkan penyakit stroke atau jantung. Sehingga, diet kolesterol diperlukan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

7 Cara Diet Kolesterol

Diet kolesterol bisa dilakukan dengan konsumsi serat, membatasi asupan lemak jenuh, hingga membatasi alkohol. Lemak tetap bisa dikonsumsi namun dengan porsi terkontrol.

1. Tambahkan Lebih Banyak Serat Larut dalam Makanan

Mengutip situs Cleveland Clinic, makanan tinggi serat larut membantu mencegah saluran pencernaan menyerap kolesterol. Beberapa contoh makanan ini adalah aneka buah, sayur, dan kacang-kacangan.

ADVERTISEMENT

Makanan tersebut membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) dalam darah. Jenis kolesterol ini berisiko menyebabkan obesitas hingga diabetes.

2. Batasi Asupan Lemak Jenuh

Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar LDL yang berisiko bagi kesehatan tubuh. Sumber lemak jenuh umumnya ada di protein hewani misal daging merah, unggas, produk susu, dan turunannya.

Kandungan lemak jenuh juga bisa ditemukan pada makanan yang dipanggang dan digoreng. Konsumsi makanan dengan lemak jenuh perlu dikontrol pada pelaku diet kolesterol.

3. Hindari Lemak Trans

Lemak trans adalah jenis kandungan lain yang dapat meningkatkan kadar LDL. Kandungan lemak trans banyak terdapat pada produk olahan misal margarin batangan, kerupuk, dan kentang goreng frozen.

4. Makan Ikan Tinggi Asam Omega 3

Makanan ini perlu dikonsumsi untuk membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Mengutip Medlineplus ikan tinggi asam omega 3 bisa melindungi jantung dari pembekuan darah, peradangan, serta mengurangi risiko serangan.

Beberapa ikan yang merupakan sumber asam lemak omega 3 yang baik di antaranya yaitu salmon, tuna dan makarel. Jenis makanan ini sebaiknya dikonsumsi minimal dua kali seminggu, dengan pengolahan secukupnya.

5. Batasi Garam

Jumlah natrium atau garam yang dikonsumsi tidak boleh lebih dari 2.300 mg, Jumlah ini setara dengan kurang lebih satu sendok teh garam dalam sehari. Porsi tersebut mencakup semua garam yang dikonsumsi, baik yang ditaburkan ketika memasak ataupun saat makanan sudah jadi.

Membatasi asupan garam tidak menurunkan kolesterol, namun menurunkan risiko penyakit jantung dengan membantu menurunkan tekanan darah. Kamu juga bisa mengurangi asupan garam dengan memilih makanan dan bumbu rendah garam.

6. Batasi Alkohol

Alkohol meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh, yang berdampak pada berat badan. Kondisi ini ini jika terus berlanjut dapat meningkatkan risiko hipertensi, gangguan jantung, dan diabetes.

7. Konsumsi Makanan Seimbang

Untuk bisa mendapat kadar kolesterol yang sehat, penting untuk memakan makanan seimbang. Contoh dari makanan seimbang yaitu, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, makanan berprotein, susu, dan lemak.

Pola makan yang kaya dengan buah-buahan dan sayur-sayuran bisa meningkatkan senyawa penurun kolesterol dalam makanan. Senyawa ini disebut sebagai stanol atau sterol tumbuhan yang bekerja seperti serat larut.

Cara diet kolesterol tentunya bisa dilakukan dengan mudah dan murah. Pilihan menunya juga tidak mahal serta tersedia dalam banyak pilihan. Diet kolesterol dapat dilakukan tiap saat demi menjaga kesehatan.



Simak Video "Bolehkah Penderita Mag dan Diabetes Diet Intermittent Fasting?"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat