gtrees.net

Cerita Diet Tya Ariestya, Sempat Obesitas Tingkat 1 kini Sukses Turun 26 Kg

Tya Ariestya berhasil menurunkan berat badan hingga puluhan kilogram.
Diet Tya Ariestya. (Foto: Instagram Tya Ariestya)

Jakarta -

Aktris Tya Ariestya sempat mencuri perhatian usai melakukan program diet yang membuatnya berhasil memangkas 26 kg. Perjalanan dietnya itu dimulai setelah dia disebut mengalami obesitas tingkat 1.

"Memutuskan diet karena aku sudah obesitas tingkat satu, terus memang aku harus turunin BB (berat badan) karena waktu itu rencananya mau program hamil lagi," kata Tya saat dijumpai di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, ditulis Sabtu (10/2/2024).

Pesinetron berusia 37 tahun ini mulai menjalani diet di tahun 2021 dengan bantuan ahli gizi untuk mengatur asupan makannya. Saat itu berat badannya berada di angka 75 kg setelah melahirkan anak keduanya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penentuan obesitas ditegakkan berdasanan anamnesis dan pemeriksaan antropometri. Penentuan obesitas biasanya melihat body mass index (BMI) atau indeks massa tubuh (IMT).

Klasifikasi obesitas tingkat 1 untuk orang Asia menurut WHO yakni jika IMT berada di angka 25-29,9. Namun perlu dicatat bahwa IMT untuk mengukur derajat obesitas tidak dapat dilakukan pada wanita hamil dan binaragawan.

ADVERTISEMENT

Setelah satu tahun mengatur pola makan dan olahraga, Tya berhasil turun 26 kg. Menurutnya, kunci agar diet berhasil adalah defisit kalori dan konsisten melakukan aktivitas fisik.

"Jadi sekarang posisinya sudah mempertahankan. Agar berat badannya nggak balik, olahraga pasti ya. Sekarang harus di maintenance olahraga. Makan tidak boleh terlalu banyak manis-manis," tandasnya.



Simak Video "Bolehkah Penderita Mag dan Diabetes Diet Intermittent Fasting?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat