gtrees.net

Daftar Makanan yang Punya Kalori Tinggi 'Tersembunyi', Bisa Bikin Gagal Diet

Gorengan
Ilustrasi makanan tinggi kalori. (Foto: Thinkstock)

Jakarta -

Memiliki berat badan ideal dan sehat adalah impian banyak orang. Namun, proses menurunkan berat badan bisa menjadi sangat sulit terlebih jika masih mengonsumsi asupan yang ternyata berkalori tinggi.

Ada beberapa jenis makanan yang ternyata memiliki kalori 'tersembunyi' yang lebih banyak dari yang dikira. Dikutip dari Business Insider berikut ini adalah beberapa jenis bahan makanan tinggi kalori yang kerap tak disadari bisa bikin rencana diet gagal total:

Minyak Goreng

Minyak goreng merupakan salah satu bahan makanan yang tinggi kalori. Satu sendok makan minyak masak bisa mengandung hingga 140 kalori.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Minyak goreng seringkali diabaikan padahal secara konsisten dapat menambah kalori secara signifikan setiap hari," ucap pelatih kebugaran dan penurunan lemak Graeme Tomlinson.

Tomlinson menuturkan bahwa sebaiknya penggunaan minyak goreng bisa diminimalkan. Beberapa jenis minyak lain, seperti minyak zaitun khususnya memiliki banyak manfaat kesehatan sehingga patut untuk dimasukkan ke dalam menu makanan.

ADVERTISEMENT

Kopi dengan Gula

Minuman kopi dengan berbagai jenis pemanis yang banyak disukai orang bisa menjadi 'penghalang' kesuksesan diet yang besar. Pilihlah menu kopi yang tepat agar jumlah kalori yang masuk tidak terlalu besar.

Jika menyukai kopi susu, pilihlah jenis susu skim yang lebih rendah kalori. Jika suka kopi manis, pilihlah menu yang lebih rendah gula atau menggunakan sirup bebas gula.

"Banyak yang tidak menyadari bahwa Anda dapat membuat penyesuaian sederhana pada kopi 'on the go' yang dapat menghemat ratusan bahkan ribuan kalori setiap minggunya," kata Tomlinson.

Daging Tinggi Lemak

Konsumsi daging tinggi lemak secara rutin dapat mempengaruhi proses penurunan berat badan. Daging sapi cincang dengan berat 200 gram dan 20 persen lemak mengandung sekitar 504 kalori, tetapi daging cincang dengan berat sama dan 5 persen lemak hanya mengandung 248 kalori.

"Potongan daging yang rutin Anda konsumsi juga dapat berpengaruh besar terhadap kemajuan penurunan lemak Anda," ujar Tomlinson.

Sama halnya juga dengan ayam, mengonsumsi bagian dada akan lebih baik jika mengonsumsi bagian paha yang lebih tinggi lemak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat