gtrees.net

8 Camilan Rendah Kalori untuk Diet, Nikmat dan Nggak Bikin Badan Melar

camilan sehat
Ilustrasi camilan sehat. (Foto: iStock)

Daftar Isi
  • Camilan Rendah Kalori untuk Diet
  • 1. Kacang Almond 2. Edamame 3. Pisang dan Selai Kacang 4. Hummus 5. Telur Rebus 6. Coklat Hitam 7. Popcorn 8. Smoothie Buah
Jakarta -

Diet adalah salah satu cara yang dilakukan banyak orang untuk menurunkan berat badan. Ketika menjalani diet, seseorang biasanya akan membatasi diri untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman tertentu yang bisa memicu kenaikan berat badan.

Terdengar mudah memang, namun pada kenyataannya ada banyak sekali godaan yang bisa menggagalkan program diet. Misalnya, hasrat ingin ngemil.

Permasalahannya adalah, camilan yang 'lezat' biasanya mengandung gula, karbohidrat, atau kalori tinggi yang dapat malah dapat membuat berat badan meningkat. Makanan-makanan tersebut tentunya dapat membuat usaha diet yang dilakukan menjadi sia-sia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Untungnya, ada sejumlah camilan sehat rendah kalori yang aman dikonsumsi saat diet. Nah, buat yang susah menahan keinginan buat ngemil saat sedang diet, berikut rekomendasi camilan rendah kalori yang bisa dicoba.

Camilan Rendah Kalori untuk Diet

1. Kacang Almond

Kacang almond adalah salah satu makanan 'superfood' yang direkomendasikan untuk diet. Kacang almond mengandung protein nabati yang dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

ADVERTISEMENT

Selain itu, kacang almond juga mengandung lemak tak jenuh yang bisa membantu menurunkan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) dalam tubuh. Jadi selain untuk diet menurunkan berat badan, kacang almond juga cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang diet untuk menurunkan kolesterol.

2. Edamame

Kacang polong khas Negeri Tirai Bambu ini cukup nikmat disantap sebagai camilan saat diet loh. Dikutip dari laman WebMD, edamame mengandung protein dan serat yang mengenyangkan. Bahkan, 1/3 cangkir kacang edamame hanya mengandung sekitar 63 kalori. Tak heran jika edamame cocok dijadikan kudapan saat sedang diet.

3. Pisang dan Selai Kacang

Kombinasi pisang dan selai kacang sangat cocok disantap oleh orang yang ingin ngemil makanan manis dan gurih. Tidak hanya dari segi rasa, khasiat pisang dan selai kacang juga bisa membantu menurunkan berat badan loh.

Pisang mengandung potasium yang penting untuk menunjang fungsi saraf dan otot. Sementara, selai kacang mengandung protein tinggi dan karbohidrat rendah yang tak hanya mengenyangkan, tapi juga bisa memberikan energi untuk beraktivitas. Tapi ingat, selalu cek kemasan pada selai kacang untuk mengetahui apakah ada bahan tambahan seperti minyak atau pengawet.

4. Hummus

Hummus adalah hidangan berupa selai atau saus yang terbuat dari kacang arab yang digiling dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya, seperti bawang putih, minyak zaitu, dan tahini (bumbu yang terbuat dari biji wijen dan kulit jagung).

Karena terbuat dari kacang-kacangan, hummus memiliki kandungan protein dan serat yang cukup tinggi. Salah satu cara terbaik mengonsumsi hummus adalah dengan menjadikannya sebagai saus 'cocol' yang disantap dengan sayur-sayuran seperti wortel, timun, seledri, dan masih banyak lagi.

5. Telur Rebus

Ingin ngemil tapi nggak mau ribet? Maka telur rebuslah solusinya. Seperti yang sama-sama diketahui, telur merupakan salah satu sumber protein terbaik yang mudah untuk didapatkan. Protein dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama, sehingga menjadi salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan saat sedang diet.

Cukup rebus beberapa butir telur, kemudian simpan di dalam kulkas. Telur rebus dapat bertahan selama satu minggu dalam kulkas, jadi ketika ingin ngemil, tinggal ambil dan disantap. Tapi ingat, kuning telur memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi, sehingga konsumsinya harus dibatasi.

6. Coklat Hitam

Mungkin banyak yang menganggap coklat sebagai salah satu pantangan saat sedang menjalani diet. Tapi, tidak semua jenis coklat bisa menggagalkan diet kok.

Misalnya coklat hitam. Coklat hitam yang terbuat dari kakao berkualitas kaya akan flavonoid, yakni senyawa antioksidan dan antiperadangan yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Tak hanya itu, coklat hitam juga mengandung serat dan karbohidrat dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, sehingga cukup mengenyangkan untuk disantap saat sedang diet.

Sedikit tips dalam membeli coklat hitam berkualitas, carilah coklat hitam yang setidaknya memiliki kandungan kakao sebesar 70 persen. Semakin tinggi persentase kakaonya, maka semakin rendah pula gula dalam coklat tersebut.

7. Popcorn

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, kok bisa popcorn jadi camilan buat diet? Dikutip dari WebMD, popcorn merupakan salah satu camilan yang disarankan untuk orang yang sedang diet, dengan catatan popcorn tersebut dimasak tanpa menggunakan mentega, garam, atau bahan penyedap lainnya.

Satu cangkir popcorn mengandung sekitar 31 kalori. Selain itu, teksturnya yang 'crunchy' juga memuaskan hasrat orang-orang yang ingin ngemil makanan garing.

8. Smoothie Buah

Buah-buahan merupakan salah satu menu wajib bagi orang yang sedang diet. Tapi, mengonsumsi buah yang begitu-begitu saja setiap hari tentu akan membuat bosan.

Nah, salah satu cara terbaik adalah dengan mengolah buah-buahan tersebut menjadi smoothie. Biasanya, buah yang sering dijadikan smoothie adalah beri-berian seperti stroberi, blackberi, blueberi, dan raspberi. Smoothie buah tersebut juga bisa dikombinasikan dengan berbagai camilan sehat lainnya, jadi pasti nggak bosan deh.



Mitos atau Fakta: Olahraga Tiap Hari Cepat Turunkan Berat Badan

Mitos atau Fakta: Olahraga Tiap Hari Cepat Turunkan Berat Badan


(ath/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat