gtrees.net

Viral Pria Usia 20-an di Cianjur Kena Gagal Ginjal, Awalnya Ngeluh Susah Tidur

Pemuda idap gagal ginjal stadium lima.
Viral pemuda 22 tahun mengidap gagal ginjal stadium 5. (Foto: TikTok @ridwanfadhil_)

Jakarta -

Viral di media sosial kisah seorang pemuda berusia 22 tahun di Cianjur, Jawa Barat, bernama Ridwan Fadhil terkena gagal ginjal stadium lima. Melalui akun TikTok-nya, Ridwan bercerita sempat mengalami beberapa gejala awal seperti badan lemas, susah tidur, hingga muncul nyeri pada ulu hati.

Tidak hanya itu, gejala lain yang ia rasakan juga termasuk anemia hingga tekanan darah tinggi. Ketika mulai merasakan gejala yang tidak enak pada tubuhnya, Ridwan awalnya sempat mengira bahwa dirinya hanya sakit biasa.

Ia mengira hanya sakit biasa lantaran pada saat itu ia juga mengeluhkan sedikit demam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Mau coba posisi gimana pun sampai nggak bisa tidur. Nyetel pengajian di Youtube, karena kirain ada yang ganggu. Baru bisa tidur nyenyak pas menjelang subuh, itu pun cuma sebentar," kata Ridwan dikutip dari akun TikTok-nya, atas izin yang bersangkutan.

Kejadian ini dimulai sekitar awal 2022 ketika ia mengalami keluhan rasa nyeri di ulu hati, hingga sering merasa lelah ketika bekerja. Ridwan yang saat itu tinggal di Bandung lantas memutuskan untuk memeriksakan diri ke klinik kesehatan.

Dari beberapa kali kunjungan ke klinik kesehatan, ia mendapatkan obat lambung untuk nyeri ulu hatinya, hingga vitamin untuk masalah kelelahannya.

Setelah beberapa kali ke klinik, kondisi Ridwan tidak kunjung membaik. Dalam beberapa kesempatan bahkan ia memaksakan untuk bekerja walaupun dalam keadaan sangat lemas. Belum lagi ditambah dengan kondisinya yang sulit tidur dan wajah mulai membengkak.

Pada Juli 2022, kondisinya semakin memburuk. Ridwan mulai mengalami batuk berdahak kuning serta berdarah. Ia bersama pamannya memutuskan kembali ke klinik kesehatan, sebelum dokter akhirnya merujuk Ridwan ke RSAU Dr M Salamun Bandung untuk melakukan pemeriksaan mendalam akibat kondisi anemia yang dialaminya.

Ketika dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, dokter akhirnya mendiagnosis Ridwan dengan penyakit gagal ginjal kronis stadium lima. Dari hasil pemeriksaan, ia diduga mengalami penyakit gagal ginjal kronis akibat gaya hidup kurang sehat.

NEXT: Sering Konsumsi Minuman Manis



Simak Video "Pasien Cuci Darah di RI Angkanya Terus Meningkat"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat