gtrees.net

Belajar dari Viral Wanita Emosi, Ini Susu yang Harus Vs Tak Usah Disimpan di Kulkas

Viral ibu marah-marah beli susu UHT tak dingin.
(Foto: Tangkapan layar viral)

Jakarta -

Belum lama ini, video yang menunjukkan amarah wanita saat membeli susu UHT berseliweran di media sosial. Tampak wanita tersebut meminta uangnya dikembalikan lantaran susu yang diterima sesampai di rumah tidak dalam kondisi dingin.

Banyak warganet yang menilai respons wanita itu berlebihan dan menyarankan untuk langsung menyimpannya di kulkas, alih-alih emosi di depan petugas minimarket. Terlepas dari kejadian ini, sebetulnya tidak semua susu harus ditaruh di lemari pendingin.

Prof Dr Ir Hardinsyah, MS, Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia menegaskan susu yang perlu disimpan di suhu kulkas adalah pasteurisasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sebab masa simpannya pendek bila ditaruh di suhu ruang, hanya beberapa hari, karena teknologi pasteurisasi tidak mematikan semua mikroba," terang Prof Hardin saat dihubungi Rabu (10/7/2024).

Teknologi berbeda pada susu berlabel UHT, proses pemanasan jenis susu tersebut dilakukan pada tingkat yang lebih tinggi. Karenanya, aman-aman saja saat dikonsumsi meski disimpan dalam suhu ruang.

"Dalam prosesnya, bakteri dimatikan dengan teknik pemanasan suhu tinggi. Itu dalam waktu singkat yaitu pada suhu 135-145 derajat celcius selama 2-4 detik," sambung dia.

Meski begitu, masyarakat harus cermat melihat label minuman yang dibeli, termasuk masa kedaluwarsa. Susu UHT yang disimpan di suhu ruang juga sebaiknya tidak terkena sinar matahari dan label kemasannya terjaga dengan baik.

"Karena itu bacalah label sebelum membeli produk susu UHT, biasanya aman disimpan disuruh ruang sampai 6-12 bulan," pesan dia.

"Segera habiskan sebelum 7 hari," terangnya.

Demi menyiasati susu agar tidak terbuang, sebaiknya konsumen membeli susu UHT berdasarkan kebutuhan, Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut menyarankan untuk membeli ukuran kecil, bagi mereka yang ingin mengonsumsi untuk keperluan pribadi.

"Yang habis 1-2 kali minum."

"Bila untuk kebutuhan bersama atau keluarga belilah yang ukuran besar misal 1 liter, sehingga dalam beberapa hari setelah kemasan dibuka, susu sudah dihabiskan,"pungkasnya.



Ini Perbedaan Susu UHT dan Pasteurisasi

Ini Perbedaan Susu UHT dan Pasteurisasi


(naf/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat