gtrees.net

8 Makanan Tinggi Serat Bikin Kenyang Seharian, Cocok Buat Diet

makanan berserat tak trunkan berat badan
Ilustrasi makanan tinggi serat. (Foto: Getty Images)

Daftar Isi
  • 1. Pir
  • 2. Stroberi
  • 3. Alpukat
  • 4. Apel
  • 5. Pisang
  • 6. Wortel
  • 7. Kubis brussel
  • 8. Oats
Jakarta -

Bagi orang yang sedang diet, mengonsumsi makanan tinggi serat adalah suatu keharusan. Selain bisa membantu melancarkan pencernaan, makanan berserat juga dapat mempercepat proses menurunkan berat badan.

Dikutip dari laman Harvard School of Public Health, serat adalah salah satu jenis karbohidrat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Serat yang kita peroleh dari makanan dikenal juga dengan istilah serat pangan atau dietary fiber.

Sebagian besar karbohidrat dapat dipecah menjadi molekul gula yang disebut glukosa. Namun, serat tidak bisa dipecah menjadi glukosa, dan justru melewati tubuh tanpa dicerna. Hal ini membuat serat dapat membantu pengelolaan kadar gula dalam tubuh, meningkatkan rasa kenyang, dan mengendalikan nafsu makan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Karenanya, memperbanyak konsumsi makanan berserat menjadi komponen penting dari hampir seluruh program diet. Pertanyaannya, apa saja makanan tinggi serat yang paling cocok dikonsumsi untuk menurunkan berat badan? Dikutip dari berbagai sumber, berikut pembahasannya.

1. Pir

Salah satu makanan tinggi serat yang dapat membantu menurunkan berat badan adalah buah pir. Dikutip dari Healthline, 100 gram buah pir mengandung sekitar 3,1 gram serat, atau sekitar 1/10 dari asupan serat harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

Pir juga memiliki rasa yang manis dan segar, sehingga bisa memenuhi hasrat akan makanan manis saat sedang diet.

2. Stroberi

Stroberi adalah makanan tinggi serat yang cocok dikonsumsi sebagai camilan. Per 100 gram stroberi dapat mengandung hingga 2 gram serat.

Selain itu, stroberi kaya akan vitamin C, mangan, dan berbagai macam antioksidan.

3. Alpukat

Alpukat termasuk buah yang mengandung serat tinggi, yakni 6,7 gram serat per 100 gram buahnya. Tak hanya itu, alpukat juga memiliki kandungan lemak sehat yang turut berperan dalam proses penurunan berat badan.

4. Apel

Apel tidak hanya menjauhkan kita dari penyakit, tapi juga bisa membantu menurunkan berat badan. Satu buah apel berukuran sedang dapat mengandung sekitar 4,4 gram serat.

5. Pisang

Satu buah pisang dapat memiliki kandungan serat hingga 3,1 gram. Selain itu, pisang juga kaya akan vitamin C, B6, dan kalium.

Mengonsumsi pisang yang masih hijau atau belum matang juga dapat membantu menurunkan berat badan. Sebab, pisang yang belum matang mengandung pati resisten yang dapat berfungsi mirip seperti serat.

6. Wortel

Wortel adalah salah satu camilan yang fleksibel bagi pejuang diet. Sebab, sayuran ini bisa dikonsumsi baik dalam keadaan mentah ataupun dimasak.

Satu cangkir wortel yang sudah dipotong dapat mengandung 2,8 hingga 3,6 gram serat. Wortel juga kaya akan beta karoten dan vitamin A yang menunjang kesehatan mata.

7. Kubis brussel

Kubis brussel adalah sayuran cruciferous yang kaya akan nutrisi. Sayuran ini memiliki kandungan vitamin K, folat, kalium, serta sejumlah antioksidan yang berpotensi mencegah penyakit kanker.

Kubis brussel juga termasuk makanan tinggi serat. Per 100 gram kubis brussel dapat mengandung sekitar 3,8 gram serat.

8. Oats

Oats adalah salah satu makanan yang kerap dijadikan alternatif pengganti nasi saat sedang diet. Pasalnya, oats kaya akan serat, vitamin, mineral, antioksidan, serta karbohidrat kompleks yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Oats juga mengandung serat larut bernama beta glucan yang dapat membantu mengatur kadar gula dan kolesterol dalam darah. Per 100 gram oats dapat mengandung sekitar 10,1 gram serat.



Mitos atau Fakta: Olahraga Tiap Hari Cepat Turunkan Berat Badan

Mitos atau Fakta: Olahraga Tiap Hari Cepat Turunkan Berat Badan


(ath/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat