gtrees.net

Wamenkes Ungkap Indonesia Mulai Masuki Aging Population, Ini Tantangannya

Potret Lansia di Indonesia 2
Potret lansia di Indonesia. (Foto: Dikhy Sasra)

Jakarta -

Wakil Menteri Kesehatan RI Prof dr Dante Saksono Harbuwono mengatakan Indonesia saat ini mulai memasuki periode aging population atau fase penuaan.

Persentase penduduk lanjut usia akan terus meningkat sehingga kebutuhan akan perawatan jangka panjang pada pasien lansia semakin besar. Mengacu data sensus penduduk 2023, sekitar 12 persen atau setara 29 juta penduduk Indonesia adalah warga lansia.

Jumlah tersebut diperkirakan akan semakin meningkat menjadi 20 persen pada tahun 2045. Suatu negara dikatakan telah masuk pada fase penuaan penduduk jika tujuh persen di antaranya dipenuhi usia 65 tahun ke atas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jadi walaupun kita punya bonus demografi usia kerja yang tinggi di tahun 2045, kita juga menghadapi aging population. Aging population ini seharusnya tidak menjadi beban negara, kalau bisa diberi kesempatan untuk bisa terus aktif, dan bisa mempertahankan satu kesehatannya yang optimal," ucapnya saat ditemui di Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2024).

"Jika diestimasi, jumlah 2045 tersebut, kira-kira 50 juta orang lansia yang ada di Indonesia," lanjutnya.

Beberapa wilayah Indonesia yang saat ini sudah memasuki aging population di antaranya:

  • Yogyakarta
  • Bali
  • Jawa Tengah
  • Jawa Timur
  • Sulawesi Utara

Sejumlah wilayah ini memiliki persentase populasi lansia lebih banyak daripada seluruh penduduknya dibandingkan wilayah lain.

"Beberapa provinsi sudah di atas dari itu seperti paling tinggi yogyakarta 16 persen," kata dr Nida Rohmawati MPH, Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), dalam kesempatan yang sama.



Mengulik Kelebihan dan Kekurangan KB IUD

Mengulik Kelebihan dan Kekurangan KB IUD


(suc/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat