gtrees.net

Jelang Olimpiade, Mayapada Hospital Hadirkan Layanan PCMA untuk Atlet RI

PARIS, FRANCE - JUNE 17: The Paris 2024 logo is displayed near the Eiffel Tower before the start of the Paris 2024 Olympic and Paralympic Games on June 17, 2024 in Paris, France. The city is gearing up to host the XXXIII Olympic Summer Games, from 26 July to 11 August. (Photo by Chesnot/Getty Images)
Foto: Getty Images/Chesnot

Jakarta -

Mayapada Hospital Jakarta Selatan memberikan layanan pemeriksaan kesehatan bernama Pre-Competition Medical Assessment (PCMA) bagi para atlet berbagai cabang yang bakal berlaga di Olimpiade Paris 2024 mendatang. Lewat layanan tersebut diharapkan para atlet memiliki kesiapan fisik dan mental yang memadai.

"Mayapada Hospital mendukung penuh eksistensi dan perkembangan industri olahraga nasional, khususnya performa para atlet di kancah internasional. Bersama dengan tim dokter multidisiplin yang ahli dan berpengalaman, kami merancang PCMA dengan matang sesuai dengan standar internasional," kata Hospital Director Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr. Fiktorius Kuludong, MM dalam keterangan tertulis, Kamis (11/7/2024).

"Dengan mutu, fasilitas, dan layanan Mayapada Hospital Jakarta Selatan yang telah terakreditasi JCI, kami memberikan dukungan terbaik bagi para atlet, di mana kami juga memiliki layanan Sport Injury Treatment & Performance Center (SITPEC) yang dapat dimanfaatkan oleh atlet, tidak hanya dalam mempersiapkan kesehatan dan kebugarannya untuk Olimpiade Paris 2024, namun juga untuk mereka melakukan pemulihan, serta peningkatan performa untuk kompetisi selanjutnya," sambungnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia menjelaskan PCMA atlet di Mayapada Hospital Jakarta Selatan dilakukan untuk memeriksa fisik dan fungsional atlet termasuk pemeriksaan rekam jantung, pemeriksaan komposisi tubuh, pemeriksaan kebugaran jantung paru (VO2 max) menggunakan alat CPET, penilaian psikologis oleh tim psikolog, dan pemeriksaan laboratorium darah serta urin.

"Tim dokter yang terlibat meliputi dokter spesialis ortopedi, dokter spesialis kedokteran olahraga, dokter spesialis gizi klinik, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dan dokter spesialis/subspesialis lainnya serta tim penunjang medis lainnya seperti fisioterapi dan perawat yang profesional dan ahli di bidangnya," tuturnya.

Sementara itu, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Mayapada Hospital Jakarta Selatan yang telah mendampingi PCMA atlet Olimpiade Paris 2024, dr. Brian Reggie Suwandy, Sp.KO, kemudian menjelaskan pemeriksaan tersebut bisa mengetahui kondisi detail Kesehatan para atlet.

"Dalam serangkaian indikator pemeriksaan PCMA, kami bisa mengetahui lebih detail data kesehatan dan kondisi atlet yang diperiksa. Sehingga apabila ditemukan kondisi masalah tertentu, kita dapat mencegah dan menangani sesegera mungkin selama masa persiapan supaya atlet bisa tampil dengan optimal, tentunya disertai diskusi dan kerja sama dengan tim kepelatihan dari cabor atlet tersebut," ujar dr. Brian.

SITPEC Mayapada Hospital Jakarta Selatan menjadi layanan unggulan dan komprehensif bagi para atlet profesional dan sport enthusiast, mulai dari skrining dan persiapan program olahraga untuk mencegah cedera dan meningkatkan performa olahraga, penanganan cedera olahraga, serta program pemulihan pasca-cedera dan pasca-operasi.

Selain didukung dengan kolaborasi tim dokter multidisiplin dan fisioterapis olahraga yang profesional dan berpengalaman, SITPEC Mayapada Hospital Jakarta Selatan juga dilengkapi dengan fasilitas gym, instrument penunjang diagnosis, dan alat canggih yang diperlukan untuk tindakan bedah minimal invasif (minim sayatan) sehingga proses pemulihan atlet maupun sport enthusiast lebih cepat dibandingkan dengan bedah konvensional.

"Didukung dengan layanan SITPEC yang komprehensif, fasilitas yang canggih, serta tim dokter multidisiplin berpengalaman, kami siap memastikan setiap atlet berada dalam kondisi terbaiknya, sehingga siap berkompetisi dan mencapai puncak performa di ajang Olimpiade Paris 2024 nanti," tutupnya.



Mengenal Buah Kecubung Dampak-Bahaya

Mengenal Buah Kecubung Dampak-Bahaya


(ega/ega)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat