gtrees.net

Dokter Gizi Tanggapi Viral Wanita Ngamuk Susu UHT Nggak Dingin

Mengenal Perbedaan Susu Evaporasi, Susu UHT, dan Kental Manis
Ilustrasi susu (Foto: Getty Images/alvarez)

Jakarta -

Baru-baru ini viral cuplikan video yang memperlihatkan seorang wanita marah dan meminta petugas minimarket mengembalikan uangnya saat membeli susu UHT. Menurut keterangan di video tersebut, si ibu marah lantaran susu UHT yang dibelinya tidak dalam kondisi dingin.

Dalam video yang beredar, ibu itu tampak memegang susu UHT berukuran satu liter sambil membentak petugas minimarket. Bahkan, dia juga meminta petugas mengganti ongkos yang dia keluarkan untuk kembali ke minimarket.

Berikut fakta-fakta seputar video yang viral tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Awal Kejadian

Berdasarkan keterangan pada video yang diunggah, wanita tersebut marah lantaran susu UHT yang dibelinya tidak dalam kondisi dingin. Hal tersebut membuatnya marah dan membentak petugas minimarket, sembari meminta uangnya kembali.

"Kalau nggak dingin saya minta uang kembali. Susu itu harusnya dingin, karena saya ada order susu yang kecil itu dikasih dingin. Saya nggak peduli dan saya udah telat," ucap si ibu dalam video yang beredar Selasa (9/7/2024).

2. Apakah Susu UHT Harus Disimpan di Kulkas?

Video viral tersebut lantas memicu rasa penasaran masyarakat, apakah susu UHT memang seharusnya di simpan dalam kulkas atau tidak?

Spesialis gizi klinik dr Putri Sakti, MGizi, SpGK mengungkapkan susu UHT sebenarnya aman disimpan di luar kulkas alias selama masih tertutup segel.

"Susu UHT ini sudah melewati proses yang disebut dengan sterilisasi, jadi untuk kondisi masih tertutup segel, ya itu sebetulnya masih aman disimpan di suhu ruangan," ujar dr Putri saat dihubungi , Rabu (10/7).

Dia menambahkan susu UHT baru berpotensi membahayakan tubuh jika sudah dalam kondisi terbuka, berada dalam suhu ruangan, lalu dikonsumsi. Karenanya, ia meminta masyarakat untuk memastikan susu yang dibeli benar-benar tersegel rapi. Selama kondisi produk tidak rusak dan belum melewati masa kedaluwarsa, maka tidak masalah dikonsumsi walaupun saat dijual ditaruh di suhu ruangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat