gtrees.net

Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Makna Gelar Doktor dan Dokter

Ilustrasi Dokter
Ilustrasi (Foto: Dok. Shutterstock)

Jakarta -

Arti doktor dan dokter masih sering dianggap sama oleh sebagian orang. Padahal, keduanya memiliki makna dan penulisan gelar yang benar-benar berbeda.

Faktanya, tak sedikit orang yang masih belum memahami perbedaan antara gelar doktor (Dr) dan dokter (dr). Hal ini kerap kita lihat saat menulis singkatan dari gelar tersebut. Doktor yang seharusnya disingkat 'Dr' malah ditulis 'dr', dan begitu juga sebaliknya.

Lantas, apa sih perbedaan arti doktor dan dokter? Agar tidak tertukar, simak penjelasannya di sini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Arti Gelar Doktor dan Dokter

Masih banyak yang mengira arti doktor sama dengan orang yang memberikan pelayanan kesehatan. Namun, gelar tersebut ternyata memiliki makna yang sangat berbeda.

Dikutip dari buku Kuliah Doktor, Siapa Takut? yang ditulis oleh Agung Nugroho Catur Saputro, doktor adalah gelar yang diberikan kepada seseorang yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan formal tertinggi, yaitu Strata-3 alias S3.

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, doktor adalah gelar kesarjanaan tertinggi yang diberikan oleh perguruan tinggi kepada sarjana yang telah menulis dan mempertahankan disertasinya. Disertasi adalah karangan ilmiah yang merupakan tugas akhir bagi seseorang yang menempuh dan ingin memperoleh gelar doktor.

Rata-rata, proses pendidikan doktor berkisar antara 3-5 tahun. Namun, hal tersebut bisa berubah dan menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing kampus yang mengadakan program pendidikan doktor.

Sedangkan, dokter adalah gelar untuk lulusan pendidikan kedokteran yang ahli dalam hal penyakit dan pengobatannya. Pendidikan kedokteran juga terdiri atas banyak cabang ilmu, mulai dari dokter anak, bedah, forensik, gigi, hewan, spesialis, hingga umum.

Perbedaan Doktor dan Dokter

Selain dari segi keilmuan dan pengalaman, perbedaan doktor dan dokter juga bisa dilihat dari cara penulisan gelarnya.

Untuk gelar doktor, ditulis dengan Dr (D kapital atau besar, r kecil). Sedangkan untuk gelar dokter, ditulis dr (d dan r kecil).

Jadi kesimpulannya, arti doktor adalah seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan S3. Perbedaan doktor dan dokter dapat jelas dilihat dari cara penulisan singkatan gelarnya. Jika Dr, maka berarti doktor, dan jika dr, artinya orang tersebut adalah lulusan kedokteran.

(ath/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat