gtrees.net

Profesor Gizi IPB Ungkap Alasan Susu UHT Aman Disimpan di Suhu Ruang

Mengenal Perbedaan Susu Evaporasi, Susu UHT, dan Kental Manis
Foto: Getty Images/alvarez

Jakarta -

Emosi 'tersulut' saat menerima susu UHT yang dibelinya tak dingin, seorang ibu mendadak viral lantaran aksi marahnya ke petugas minimarket terekam dan ramai tersebar di media sosial. Pasalnya, ibu yang tak diketahui namanya tersebut meminta uangnya dikembalikan karena susu yang diterima tidak disimpan di lemari pendingin.

Belum diketahui pasti alasan dirinya tidak mau menerima susu UHT dalam kondisi dingin, tetapi bisa dipastikan dalam kondisi tersegel dan tidak terbuka, susu UHT aman dikonsumsi meski tersimpan di suhu ruang.

Terlepas dari kasus tersebut, Prof Dr Ir Hardinsyah, MS, Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia menegaskan susu yang diolah dan dikemas dengan label susu UHT, sudah disterilkan. Dalam prosesnya, bakteri dimatikan dengan teknik pemanasan suhu tinggi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Itu dalam waktu singkat yaitu pada suhu 135-145 derajat celcius selama 2-4 detik. Susu UHT aman disimpan pada suhu ruang sampai batas kedaluwarsa tercantum pada label," tuturnya saat dihubungi Rabu (10/7/2024).

"Karena itu bacalah label sebelum membeli produk susu UHT, biasanya aman disimpan disuruh ruang sampai 6-12 bulan," pesan dia.

Dengan catatan, disimpan dalam suhu ruang yang jauh dari terik matahari dan tidak ada cacat kemasan. Lain halnya bila kemasan telah dibuka, konsumen wajib menutup kembali susu UHT dan disimpan di lemari pendingin.

"Segera habiskan sebelum 7 hari," terangnya.

Karenanya, bila untuk konsumsi pribadi, Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut lebih menyarankan untuk membeli ukuran kecil, alih-alih bentuk satu liter.

"Yang habis 1-2 kali minum. Bila untuk kebutuhan bersama atau keluarga belilah yang ukuran besar misal 1 liter, sehingga dalam beberapa hari setelah kemasan dibuka, susu sudah dihabiskan," kata dia,

Adapun keharusan meminum susu dalam kondisi dingin dan tidak, menurutnya tergantung pada persepsi dan kesukaan masing-masing orang.

"Bila suka yang tidak dingin maka gunakan susu UHT dengan ukuran kemasan sekali minum. Bila sebaiknya, yaitu suka yg dingin, maka belilah susu UHT yang dingin, atau beli yang tidak dingin dan simpanlah di kulkas," sambung dia.



Ini Perbedaan Susu UHT dan Pasteurisasi

Ini Perbedaan Susu UHT dan Pasteurisasi


(naf/up)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat