gtrees.net

Asam Lambung Naik usai Nonton 'Ipar Adalah Maut'? Wajar Kok, Ini Kaitannya

Ilustrasi bioskop
Foto: iStock

Jakarta -

Beberapa waktu terakhir media sosial dihebohkan dengan keberadaan film 'Ipar Adalah Maut'. Tak sedikit warganet yang meluapkan emosinya setelah menonton film tersebut karena jalan cerita dan karakternya yang dinilai berhasil 'memancing emosi' hingga marah-marah.

Dari sisi psikologi sebenarnya apa sih dampak yang mungkin ditimbulkan dari kebiasaan menonton film yang dapat memberikan trigger atau pemicu emosi pada penonton?

Psikolog klinis Mutiara Maharini menjelaskan secara umum bahwa kebiasaan menonton film yang 'memancing' emosi boleh saja dilakukan. Terpenting menurutnya adalah masyarakat bisa mengenali kondisi mental masing-masing sehingga emosi yang keluar setelah menonton film tertentu tidak malah mengganggu kehidupan psikologis maupun sosial.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam beberapa kasus, kondisi emosi yang tidak stabil dapat mengganggu kehidupan bersosialisasi dengan orang-orang hingga menyebabkan penurunan produktivitas.

"Nggak apa-apa untuk mengekspresikan emosi selama secara sehat. Namun, kalau secara kehidupan dia menjadi nggak bisa berfungsi dengan baik, barulah itu jadi masalah. Gangguannya ke kehidupan sosial," kata ketika berbincang dengan dalam Konferensi Ilmiah Tahunan Kesehatan Jiwa Kaukus Keswa di Universitas Indonesia, Selasa (9/7/2024).

Selain memberikan efek psikologis, menurutnya emosi yang timbul jika tidak terkendali juga dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan fisik. Bahkan, menurut Mutiara gejala fisik justru akan lebih terlihat ketika seseorang mengalami masalah pada kesehatan.

Mutiara mengatakan dampak fisik yang muncul ketika seseorang mengalami masalah kesehatan mental adalah terganggunya sistem pencernaan.

"Misalnya asam lambungnya meningkat ya padahal sebelumnya nggak ada. Terus sesederhana kalau lagi nervous itu jadi keringetan lebih banyak, terus deg-degan ketika merasakan emosi tertentu," jelas Mutiara.

"Ketika yang dirasakan emosi marah, intens, terus durasi panjang lama-lama kan stres. Stres ini yang akhirnya bisa berdampak ke fisik. Selain asam lambung, juga bisa sakit kepala, kemudian biasanya susah tidur, susah makanannya atau malah kebanyakan," sambungnya.

Mengetahui kondisi mental diri sendiri sebelum menonton film yang memancing emosi penting dilakukan untuk mencegah masalah kesehatan mental yang lebih parah. Jika masih memiliki masalah mental, ada baiknya lebih dahulu menyelesaikannya ke profesional kesehatan mental sebelum melihat tayangan yang 'triggering'.

"Tapi kalau kita merasa penasaran banget, dan kayaknya bisa deh. ya boleh nonton, tapi misalnya sama teman kita yang bisa cerita apa yang dirasakan sehingga kita bisa mendapatkan dukungan di situ," tandasnya.



Waspada Stres Akibat Gagal di Pemilu Bisa Picu Sakit Lambung

Waspada Stres Akibat Gagal di Pemilu Bisa Picu Sakit Lambung


(avk/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat