gtrees.net

Joe Biden Disebut-sebut Kena Parkinson, Penyakit Apa Sih Itu?

U.S. President Joe Biden speaks during a campaign event at Sherman Middle School, in Madison, Wisconsin, U.S. July 5, 2024. REUTERS/Nathan Howard Purchase Licensing Rights, opens new tab
Foto: REUTERS/Nathan Howard Purchase Licensing Rights

Jakarta -

Isu Joe Biden mengidap penyakit Parkinson setelah ahli neurologis mengunjunginya di Gedung Putih ramai diperbincangkan. Kekhawatiran tentang kesehatan Biden meningkat setelah penampilan debatnya pada 27 Juni melawan calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump.

Menurut laporan New York Times, catatan pengunjung menunjukkan Dr Kevin Cannard, seorang ahli saraf dan spesialis gangguan gerakan dari Walter Reed National Military Medical Center, mengunjungi Gedung Putih sebanyak delapan kali antara Agustus dan Maret. Terlepas dari kunjungan-kunjungan tersebut, Gedung Putih dengan tegas menyatakan bahwa Joe Biden tidak dirawat atas penyakit Parkinson.

"Apakah presiden pernah dirawat karena Parkinson? Tidak," tepis juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre dalam sebuah pengarahan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jadi sorotan dikaitkan Joe Biden, apa sih penyakit Parkinson itu?

Dikutip dari laman Mayo Clinic, penyakit Parkinson adalah kelainan progresif yang mempengaruhi sistem saraf dan bagian tubuh yang dikendalikan oleh saraf. Gejala pertama mungkin berupa gemetar yang hampir tidak terlihat hanya pada satu tangan.

Penyakit Parkinson akan mempengaruhi pengidapnya dari waktu ke waktu. Kondisi ini belum ada obatnya namun terapi dan obat-obatan tertentu bisa mengurangi gejala.

Penyakit Parkinson menyebabkan tingginya tingkat kecacatan dan kebutuhan akan perawatan. Banyak orang dengan Parkinson juga menderita demensia.

Risiko terkena penyakit Parkinson secara alami meningkat seiring bertambahnya usia, dan rata-rata usia timbulnya penyakit ini adalah 60 tahun. Penyakit ini sedikit lebih umum terjadi pada pria dibandingkan pada wanita.

Meskipun penyakit Parkinson biasanya berkaitan dengan usia, penyakit ini dapat terjadi pada orang dewasa berusia 20 tahun, walaupun hal ini sangat jarang terjadi, dan seringkali orang memiliki orang tua, saudara kandung, atau anak dengan kondisi yang sama.



Joe Biden Sudah 3 Kali Terpapar Covid-19, Pertama Kali di Tahun 2022

Joe Biden Sudah 3 Kali Terpapar Covid-19, Pertama Kali di Tahun 2022


(naf/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat