gtrees.net

Pengikut Sekte Ini Makan Kotoran Ketuanya, Diyakini Bisa Cegah Penyakit

Ada satu sekte yang paling viral di Thailand, terekspos pada tahun 2022. Ketuanya adalah Thawee Nanra yang meminta pengikutnya makan ketombe miliknya.
Sebuah sekte di Thailand sempat viral pada 2022 lantaran kelakuannya yang bikin geleng-geleng kepala (Foto: Mothership)

Jakarta -

Sebuah sekte di Thailand sempat viral pada 2022 lantaran kelakuannya yang bikin geleng-geleng kepala. Ketua dari sekte tersebut, Thawee Nanra (75), meminta pengikutnya untuk memakan kotoran, tubuh, dahak, maupun ketombe miliknya.

Thawee Nanra mengaku sebagai "bapak segala agama" dan mengklaim bahwa ia dapat menyembuhkan penyakit dengan cara para pengikutnya harus memakan kotoran hingga ketombe miliknya.

Dia ditangkap pada 2022 setelah polisi dan pejabat lokal lainnya menggerebek sebuah perkemahan di hutan di Tambon Dong Klang di distrik Khon San di Chaiyaphum. Banyak pengikutnya yang berteriak dan berdesak-desakan dengan petugas polisi, serta mengejar mobil yang membawanya ke kantor polisi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pihak berwenang juga menemukan 11 mayat di tempat itu. Meskipun alasan di balik kematian mereka belum jelas, para pengikut pemimpin sekte tersebut mengklaim bahwa orang-orang tersebut jatuh sakit setelah mendapat perawatan dari Thawee. Jenazah mereka telah dikumpulkan untuk diautopsi dan diselidiki lebih lanjut.

Gubernur provinsi tersebut, Kraisorn Kongchalard, membenarkan penangkapan tersebut dan mengatakan peti mati berisi jenazah berserakan di sekitar rumah.

"Cukup meresahkan melihat ada orang yang percaya pada takhayul seperti itu, tapi ini bukan hanya soal kepercayaan pribadi lagi. Kami punya banyak mayat, dan kami harus bekerja sama dengan semua lembaga untuk mengungkap fakta seputar orang-orang ini," katanya, dikutip dari The Independent.

Saat ditangkap di Tambon Dong Klang dari distrik Khon San di Chaiyaphum, Thawee dikelilingi oleh sekitar 30 pengikutnya yang sudah paruh baya. Yang mengherankan, para pengikutnya tanpa rasa segan meminum urine hingga memakan kulit mati Thawee di hadapan petugas.

Pria tersebut ditangkap atas tuduhan perambahan lahan hutan dan melanggar undang-undang kesehatan masyarakat dan undang-undang pengendalian penyakit. Para pejabat mungkin akan menjatuhkan lebih banyak tuntutan padanya di masa depan.



Peran Orang Tua Membatasi Penggunaan Gadget pada Anak

Peran Orang Tua Membatasi Penggunaan Gadget pada Anak


(suc/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat