gtrees.net

Rumor Joe Biden Idap Parkinson Menguat, Gedung Putih Angkat Bicara

U.S. President Joe Biden speaks during a campaign event at Sherman Middle School, in Madison, Wisconsin, U.S. July 5, 2024. REUTERS/Nathan Howard Purchase Licensing Rights, opens new tab
Foto: REUTERS/Nathan Howard Purchase Licensing Rights

Jakarta -

Spesialis penyakit parkinson ternama, Kevin Cannard belum lama ini disebut bertemu dengan dokter Presiden AS Joe Biden, di Gedung Putih. Latar belakang pertemuan mereka belum diketahui secara pasti.

Ahli saraf di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed tersebut bertemu dengan dokter tim kepresidenan Kevin O'Connor di Gedung Putih pada pertengahan Januari, menurut catatan pengunjung yang dilaporkan CNN.

Cannard telah berkunjung ke Gedung Putih lebih dari tiga kali, yakni di 17 Januari dengan O'Connor, dan dengan staf lainnya pada 26 Januari dan 28 Maret. Cannard juga mengunjungi Gedung Putih setidaknya delapan kali bila digabung dengan pertemuan tahun lalu, sejak Agustus.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hanya pertemuan 17 Januari yang mencantumkan O'Connor sebagai orang yang dikunjungi.
O'Connor mengambil langkah tidak biasa pada Senin malam dengan merilis surat yang mengungkap beberapa rincian tentang kunjungan Cannard ke Gedung Putih, setelah berhari-hari spekulasi tentang kesehatan Joe Biden mencuat.

"Presiden Biden belum menemui ahli saraf di luar pemeriksaan fisik tahunannya," demikian tegas pernyataan Gedung Putih.

"Sebelum pandemi, dan setelah pandemi berakhir, dia telah membuka klinik neurologi rutin di klinik medis Gedung Putih untuk mendukung ribuan anggota aktif yang ditugaskan mendukung operasi Gedung Putih," katanya menambahkan.

"Banyak personel militer mengalami masalah neurologis terkait dengan tugas mereka, dan dr Cannard secara rutin berkunjung, sebagai bagian dari praktik neurologi umum ini."

Meski begitu, Cannard memang menjadi spesialis neurologis yang memeriksa Presiden Biden untuk setiap pemeriksaan fisik tahunannya dan mencatat bahwa temuan spesialis tersebut disertakan setiap kali Gedung Putih merilis secara terbuka hasil pemeriksaan fisik presiden.

Saat ditanya terkait kunjungan antara Cannard dan O'Connor pada Senin kemarin, juru bicara Gedung Putih Andrew Bates mengatakan berbagai macam spesialis dari sistem Walter Reed mengunjungi kompleks Gedung Putih untuk merawat ribuan personel militer yang bekerja di sana.

"Kunjungan tersebut termasuk satu kunjungan dari ahli saraf setiap tahun untuk pemeriksaan fisik Biden," kata Bates.

Biden disebut belum pernah dirawat atau meminum obat apa pun untuk mengobati penyakit parkinson. Laporan kesehatan terbaru Biden, yang dirilis oleh salah satu dokter tim kepresidenan, O'Connor, menunjukkan dirinya telah diperiksa untuk sejumlah kondisi neurologis, termasuk parkinson, dengan hasil negatif, seperti halnya dua laporan fisik lain sejak Biden menjabat sebagai presiden.

Surat setebal enam halaman dari O'Connor, yang dirilis setelah presiden menjalani pemeriksaan fisik terakhirnya pada bulan Februari, menyebutkan beberapa spesialis berkonsultasi mengenai pemeriksaan fisik, termasuk spesialis neurologis.

NEXT: Mengapa Gaya Berjalan Biden Kaku?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat