gtrees.net

Tingginya Kadar Gula Darah Bisa Bikin Ginjal Bocor, Benarkah? Begini Faktanya

Ilustrasi Ginjal
Foto: Getty Images/iStockphoto/

Daftar Isi
  • Seperti apa gejalanya?
Jakarta -

Kadar gula darah yang tinggi dan tak terkendali pada kasus diabetes, dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius pada organ-organ dalam tubuh. salah satunya ginjal. Lantas, benarkah kondisi ini bisa memicu kebocoran ginjal?

Dikutip dari laman Diabetes UK, salah satu kerusakan ginjal akibat diabetes adalah nefropati diabetik. Penyakit ini akan berkembang perlahan, selama bertahun-tahun, dan juga disebut sebagai penyakit ginjal.

Hampir satu dari lima orang dengan diabetes memerlukan pengobatan untuk nefropati diabetik. Apa pemicunya?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Salah satu tugas utama ginjal adalah menyaring darah. Ginjal bertugas untuk membuang cairan ekstra dan produk limbah dari tubuh melalui urine.

Kadar glukosa (gula) darah yang tinggi bisa merusak pembuluh darah kecil dan filter kecil di ginjal. Tekanan darah tinggi juga bisa memicu masalah ini.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan ginjal bocor dan tidak berfungsi dengan baik. Jika itu terjadi, jumlah protein yang tidak normal dari darah dapat keluar dari tubuh melalui urine. Hal ini yang seringkali menjadi tanda awal dari penyakit ginjal.

Diabetes juga bisa menyebabkan kerusakan di saraf tubuh. Hal ini bisa menyebabkan kesulitan dalam mengosongkan kandung kemih. Tekanan akibat kandung kemih yang penuh bisa kembali naik dan melukai ginjal.

Selain itu, jika urine tetap berada di kandung kemih dalam waktu lama, seseorang bisa terkena infeksi akibat pertumbuhan bakteri yang cepat dalam urine yang memiliki kadar gula tinggi.

Seperti apa gejalanya?

Kebanyakan orang dengan penyakit ginjal atau nefropati diabetik biasanya tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan memeriksa ginjal ke dokter untuk menjalani serangkaian tes.

Namun, jika kondisi ini masuk ke tahap selanjutnya, ada beberapa gejala yang mungkin muncul. Dikutip dari Mayo Clinic, gejala yang terlihat seperti:

  • Tekanan darah tinggi yang semakin sulit dikendalikan
  • Pembengkakan pada kaki, pergelangan tangan, atau mata
  • Urine berbusa
  • Kebingungan atau sulit berpikir
  • Sesak napas
  • Kehilangan selera makan
  • Mual dan muntah
  • Gatal
  • Kelelahan dan kelemahan


Khasiat Kumis Kucing hingga Temulawak untuk Atasi Diabetes

Khasiat Kumis Kucing hingga Temulawak untuk Atasi Diabetes


(sao/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat