gtrees.net

Apakah Minum Kopi Pakai Gula Setiap Hari Berbahaya? Begini Penjelasannya

5 Manfaat Kesehatan yang Didapatkan Jika Rutin Minum Kopi Tiap Hari
Foto: Ilustrasi iStock

Daftar Isi
  • Bahaya minum kopi yang ditambahkan gula
  • Berapa takaran gula yang aman untuk kopi?
Jakarta -

Hampir semua orang menyukai kopi. Secangkir kopi yang diminum saat pagi disebut bisa mendorong energi sebelum memulai beraktivitas.

Kopi juga sering disajikan dengan tambahan gula untuk menambah rasa. Sebab, beberapa orang mungkin kurang suka rasa pahit dari kopi.

Namun, para ahli berpendapat bahwa secangkir kopi yang disajikan tanpa gula atau pemanis buatan lain akan jauh lebih sehat. Sebab, sedikit gula yang dipakai jika dikonsumsi beberapa kali dalam sehari bisa berbahaya bagi kesehatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bahaya minum kopi yang ditambahkan gula

Dikutip dari Livestrong, efek menggabungkan gula dan kafein sangat buruk bagi tubuh. Kadar glukosa darah dapat melonjak, namun tak lama kemudian akan turun.

Ketika gula dikombinasikan dengan kafein, lonjakan energi yang sangat besar dari gula dan stimulan dalam kafein menyebabkan penurunan gula darah dalam beberapa jam.

Tubuh akan mulai kecanduan dengan gula yang ada di dalam kafein itu. Akibatnya, itu akan memicu keinginan untuk mengkonsumsi lebih banyak karbohidrat daripada takaran yang dibutuhkan.

Seiring waktu, keinginan untuk makan itu bisa menyebabkan ketidakseimbangan yang sangat besar pada kadar glukosa darah.

Berapa takaran gula yang aman untuk kopi?

Jika gula yang ditambahkan di dalam kopi masih dalam jumlah yang tidak berlebihan, itu tidak akan menimbulkan masalah. Selain gula, pemanis lainnya seperti krimer dalam kopi ternyata juga mengandung gula.

Penggunaan krimer di dalam kopi bisa membuat kadar gula dalam darah bisa bertambah dengan cepat. Lantas, berapa takaran gula yang aman untuk kopi?

"Jika Anda suka minum kopi dengan gula saat pagi, 1 hingga 2 sendok teh tidak akan membahayakan. Moderasi adalah kuncinya," jelas ahli gizi Tiana Glover, RD.

"Yang paling penting adalah keseluruhan asupan gula tambahan sepanjang hari. Anda harus menargetkan asupan kalori dari gula tambahan kurang dari 10 persen per hari. Ini setara dengan sekitar 50 gram, jika Anda mengkonsumsi 2.000 kalori setiap hari," sambungnya.



Mitos atau Fakta: Konsumsi Kopi Bikin Anak Jadi Pendek

Mitos atau Fakta: Konsumsi Kopi Bikin Anak Jadi Pendek


(sao/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat