gtrees.net

7 Cara Mengatasi Asam Lambung di Malam Hari, Hindari Makanan Pemicu

Makanan untuk cegah asam lambung
Ilustrasi asam lambung. Foto: iStock

Daftar Isi
  • Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Pada Malam Hari
  • 1. Pakaian Pakaian Longgar 2. Tidur Miring ke Kiri 3. Tinggikan Tubuh Bagian Atas 4. Hindari Makan Larut Malam dan Terlalu Banyak 5. Hindari Makanan Pemicu 6. Jangan Makan Tergesa-gesa 7. Duduk Tegak Setelah Makan
  • Penyebab Penyakit Asam Lambung
  • 1. Obesitas 2. Pilihan Makanan 3. Hernia Hiatus 4. Merokok 5. Minum Alkohol 6. Konsumsi Obat-obatan Tertentu 7. Kehamilan
Jakarta -

Gangguan asam lambung bisa terjadi setiap saat, termasuk ketika malam hari. Kondisi ini bisa semakin memburuk, hingga mengganggu waktu istirahat dan produktivitas di pagi hari.

Dikutip dari Sleep Foundation, gravitasi tak lagi membantu menahan asam lambung saat berbaring. Sehingga, asam lambung bisa dengan mudah naik ke kerongkongan. Air liur yang biasanya mendorong asam lambung ke bawah pun berkurang saat tidur.

Detikers bisa mencoba 7 cara ini untuk membantu mengatasi asam lambung naik pada malam hari. Simak juga sejumlah penyebabnya, sehingga kamu bisa mencegahnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Pada Malam Hari

Dikutip dari WebMD dan Medical News Today, berikut cara untuk membantu mengatasi asam lambung yang naik pada malam hari.

1. Pakaian Pakaian Longgar

Gunakanlah pakaian yang longgar saat tidur, terutama untuk bagian di dekat pinggang. Pakaian yang terlalu ketat bisa menekan perut, yang menyebabkan gejala nyeri ulu hati.

2. Tidur Miring ke Kiri

Posisi tidur juga membantu mengatasi asam lambung naik pada malam hari. Bagi penderita asam lambung, tidurlah miring ke kiri. Peneliti percaya bahwa ini membantu mengurangi tekanan pada perut, sehingga risiko asam lambung naik ke kerongkongan semakin berkurang.

3. Tinggikan Tubuh Bagian Atas

Saat tidur, tinggikan tubuh bagian atas, yakni mulai dada hingga kepala. Hal ini dilakukan agar gravitasi membantu asam lambung tidak mudah naik ke kerongkongan. Letakkan kepala pada bantal agak tinggi dan buatlah nyaman punggung kamu.

4. Hindari Makan Larut Malam dan Terlalu Banyak

Hindari makan terlalu malam karena ini membuat makanan belum selesai diolah pada saat waktunya tidur. Hal ini akan memberi tekanan pada lambung. Apalagi jika kamu makan terlalu banyak. Berikan waktu 2-3 jam sebelum tidur.

5. Hindari Makanan Pemicu

Hindari pula konsumsi makanan dan minuman yang bisa memicu asam lambung naik. Makanan dan minuman ini biasanya memiliki rasa tajam, mengandung banyak lemak, kafein, dan bisa mengakibatkan iritasi.

Beberapa contohnya adalah alkohol, kopi, teh, cokelat, soda, peppermint, bawang putih, bawang bombai, susu, makanan pedas, aneka gorengan, dan hidangan dengan rasa asam.

6. Jangan Makan Tergesa-gesa

Makanlah dengan tenang dan jangan tergesa-gesa. Ketika tergesa-gesa, lambung akan lebih banyak memproduksi asam dan bisa memicu asam lambung naik.

7. Duduk Tegak Setelah Makan

Selama makan dan setelah makan, sempatkanlah duduk dengan tegak untuk mengurangi risiko asam lambung naik ke kerongkongan. Hindari juga melakukan gerakan membungkuk, mengangkat benda berat, dan berolahraga berat.

Sebagai catatan, cara ini hanya bersifat sementara sehingga pasien tetap harus kontrol teratur dan menerapkan pola hidup sehat. Berbagai kebiasaan yang bisa memicu gangguan asam lambung wajib dihindari agar tetap sehat.

Penyebab Penyakit Asam Lambung

Untuk melakukan pencegahan asam lambung naik, detikers harus menghindari penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab asam lambung naik yang dikutip dari Sleep Foundation:

1. Obesitas

Orang dengan obesitas atau berat badan berlebih memiliki risiko lebih tinggi mengalami asam lambung naik atau GERD. Maka jagalah berat badan agar tetap proporsional.

2. Pilihan Makanan

Makanan bisa pemicu asam lambung naik, antara lain alkohol, kopi, teh, cokelat, soda, peppermint, bawang putih, bawang bombai, susu, makanan pedas, dan makanan berlemak.

3. Hernia Hiatus

Pada orang yang mengalami hernia hiatus, lambung akan bergerak ke atas di dalam tubuh, di atas diafragma dan ke posisi yang membuat refluks lebih umum terjadi.

4. Merokok

Merokok juga mempengaruhi tekanan di dekat sfingter esofagus bagian bawah dan dapat memperlambat pembersihan asam lambung.

5. Minum Alkohol

Alkohol berpengaruh pada iritasi lambung dan bisa melemahkan otot-otot kerongkongan, sehingga asam lambung lebih mudah kambuh.

6. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat dapat berpengaruh pada refluks asam. Saat menerima resep, sampaikan kepada dokter bahwa kamu memiliki riwayat asam lambung naik.

7. Kehamilan

Orang yang sedang hamil sering mengalami gejala asam lambung naik, tetapi gejala ini biasanya berhenti setelah melahirkan.

Demikian tadi 7 cara mengatasi asam lambung naik pada malam hari dengan kebiasaan saat sebelum dan saat tidur. Waspadai penyebab-penyebabnya agar kalian bisa mencegah asam lambung naik sejak dini.



Waspada Stres Akibat Gagal di Pemilu Bisa Picu Sakit Lambung

Waspada Stres Akibat Gagal di Pemilu Bisa Picu Sakit Lambung


(row/row)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat